AJI Kecam Penganiayaan Wartawan di Bandung, Minta Pelaku Diproses Hukum
AJI Kecam Penganiayaan Wartawan di Bandung, Minta Pelaku Diproses Hukum

AJI Kecam Penganiayaan Wartawan di Bandung, Minta Pelaku Diproses Hukum

JAKARTA, okezone.com – Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Abdul Manan mengecam aksi penganiayaan terhadap jurnalis foto media Tempo yakni Prima Mulia dan wartawan freelance, Iqbal Kusumadireza alias Reza.

“Soal kekerasan terhadap jurnalis di Bandung, itu peristiwa yang sangat disayangkan dan harus dikecam keras,” kata Manan saat dikonfirmasi Okezone, Kamis (2/5/2019).

Adapun kekerasan itu sendiri terjadi sekira pukul 11.30 WIB. Reza dan Prima tengah berkeliling di sekitar Gedung Sate untuk memantau kondisi pergerakan massa buruh yang akan berkumpul di Gedung Sate.

Saat tiba di Jalan Singaperbangsa, sekitar Dipatiukur, Prima dan Reza melihat ada keributan antara polisi dengan massa yang didominasi berbaju hitam-hitam. Melihat kejadian tersebut, keduanya langsung membidikan kamera ke arah kejadian tersebut.

Setelah pindah lokasi untuk mengabadikan gambar yang lain, Reza tiba-tiba dipiting oleh seorang anggota polisi. Menurut Reza polisi tersebut dari satuan Tim Prabu Polrestabes Bandung.

“Apa yang dilakukan polisi itu melanggar Undang-Undang Pers yang memberikan perlindungan terhadap jurnalis dalam menjalankan profesinya,” ungkap Manan.

Untuk itu pihaknya juga mengeluarkan kecaman atas tindakan kekerasan tersebut dan meminta agar polisi benar-benar memproses kasus tersebut.

“Kami mendesak agar polisi pelakunya itu diproses hukum. Agar ada efek jera dan tindakan serupa tidak berulang di masa mendatang,” tukasnya.

Baca Juga : PPATK Soroti Risiko Pencucian Uang Dan Pendanaan Terorisme Sektor Fintech

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024