Bacalah 50 Kata Bijak Nasehat Hidup dari Buya Hamka - Kongres Advokat Indonesia

Bacalah 50 Kata Bijak Nasehat Hidup dari Buya Hamka

Siapa yang tak kenal Buya Hamka? Seorang ulama yang terkenal dengan karya-karya spektakulernya ini membuat siapa saja kagum padanya. Buya Hamka, atau nama aslinya Haji Abdul Malik Karim Amrullah, merupakan seorang tokoh agama, penulis, dan aktivis dari Indonesia. Beliau terkenal dengan karya-karyanya yang sarat akan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan, serta pemikiran-pemikirannya yang mendalam tentang kehidupan dan manusia.

Tak salah, kalau kata-kata bijak darinya selalu menginsipirasi. Kata-kata bijak kehidupan dari Buya Hamka ini juga bisa menjadi pengingat bagi kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam setiap kata-katanya, Buya Hamka selalu menekankan pentingnya moralitas, kejujuran, kebersamaan, dan kepercayaan kepada Tuhan.

Kita bisa belajar dari nilai-nilai yang ditekankan oleh Buya Hamka untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan meraih kesuksesan yang sejati dalam hidup. Selain itu, kata-kata bijak kehidupan ini juga dapat menjadi motivasi untuk menghadapi setiap tantangan dalam hidup, baik itu dalam kehidupan pribadi, karier, atau berbagai aspek kehidupan lainnya.

Dari kata-kata bijak kehidupan yang diajarkan Buya Hamka ini, kita bisa mengambil pelajaran yang dapat menuntun kehidupan kita menjadi lebih baik dari hari ke hari. Lantas seperti apa kata-kata bijak kehidupan dari Buya Hamka ini? Berikut 50 kata-kata bijak kehidupan dari Buya Hamka sebagai pengingat untuk diri sendiri, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (4/4).

Kata-kata bijak kehidupan dari Buya Hamka yang menyentuh hati

  1. Janganlah menolak sesuatu yang baru, karena segala kebaikan berada pada sesuatu yang baru.
  2. Tidak ada jalan menuju kesuksesan yang singkat, selalu ada proses dan kerja keras yang harus dilakukan.
  3. Kesuksesan bukan hanya tentang berapa banyak harta yang kita kumpulkan, tetapi tentang berapa banyak kebaikan yang kita lakukan.
  4. Kebahagiaan tidak datang dari kekayaan atau jabatan, tetapi dari kesadaran diri yang mencapai kedamaian batin.
  5. Kita harus belajar dari kesalahan dan kegagalan, karena itulah yang akan membantu kita berkembang dan menjadi lebih baik.
  6. Janganlah takut mengambil risiko dalam hidup, karena setiap kegagalan adalah pelajaran yang berharga.
  7. Kita harus belajar untuk mengendalikan emosi dan pikiran, karena itulah kunci untuk mencapai kesuksesan.
  8. Kita harus memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan, karena itulah tuntunan agama dan moralitas yang benar.
  9. Janganlah merasa terlalu rendah diri atau terlalu sombong, karena keseimbangan adalah kunci untuk hidup yang sehat.
  10. Kita harus belajar untuk menghargai waktu yang ada, karena waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kembali lagi.
  11. Kita harus belajar untuk menghargai diri sendiri dan orang lain, karena setiap manusia memiliki potensi dan kelebihan yang berbeda-beda.
  12. Janganlah terlalu fokus pada kekurangan atau kelemahan diri sendiri, tetapi cobalah untuk menemukan kelebihan dan potensi yang ada dalam diri.
  13. Kita harus belajar untuk memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri, karena itu akan membantu kita meraih kebahagiaan dan kedamaian batin.
  14. Hidup adalah tentang memberikan makna dan manfaat bagi orang lain, karena itulah tujuan sejati dari keberadaan kita di dunia.
  15. Kita harus belajar untuk berpikir jernih dan obyektif, karena itu akan membantu kita membuat keputusan yang bijaksana dan tepat.
  16. Kita harus belajar untuk menghargai kebersamaan dan kerja tim, karena itulah kunci untuk mencapai tujuan yang lebih besar.
  17. Janganlah terlalu terikat pada materi atau keduniawian, karena itu hanya akan membuat kita merasa terusik dan tidak tenang.
  18. Kita harus belajar untuk berdamai dengan alam dan lingkungan sekitar, karena itu akan membantu kita mencapai keselarasan dan keseimbangan dalam hidup.
  19. Janganlah terlalu sering mengeluh atau meratapi nasib, tetapi cobalah untuk mencari solusi dan melakukan tindakan yang konstruktif.
  20. Kita harus belajar untuk menghargai kebahagiaan dan kesuksesan orang lain, karena itu akan membantu kita merasa lebih bersyukur dan menginspirasi untuk menjadi lebih baik.
  21. Jadilah pribadi yang sabar dan tawakal, karena itu akan membantu kita menghadapi setiap ujian dan cobaan dalam hidup.
  22. Kita harus selalu berusaha untuk berbuat kebaikan, tanpa mengharapkan apapun sebagai imbalannya.
  23. Jangan pernah meremehkan kebaikan kecil, karena kebaikan kecil yang dilakukan secara terus-menerus dapat menghasilkan kebaikan besar.
  24. Kita harus belajar untuk mengendalikan emosi dan tidak mudah tersulut amarah, karena itu akan membantu kita dalam menjalani kehidupan yang harmonis dan damai.
  25. Kita harus berusaha untuk selalu memaafkan orang lain yang telah melakukan kesalahan, karena itu akan membuat hati kita menjadi lebih lega dan damai.

Kata-kata bijak Buya Hamka untuk berdamai dengan diri sendiri

  1. Kita harus senantiasa berusaha untuk belajar dan meningkatkan kualitas diri, karena setiap orang memiliki potensi yang luar biasa.
  2. Kita harus menghargai waktu, karena waktu yang telah hilang tidak bisa kembali lagi.
  3. Jangan pernah membuang waktu dengan melakukan hal yang tidak produktif atau tidak bermanfaat.
  4. Kita harus berani untuk bermimpi dan mempunyai cita-cita yang tinggi, namun tetap realistis dalam menghadapi kenyataan.
  5. Kita harus selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan, baik itu nikmat yang besar maupun yang kecil.
  6. Kita harus senantiasa menjaga keseimbangan dalam kehidupan, antara tuntutan dunia dan akhirat.
  7. Jangan pernah menunda-nunda untuk melakukan hal yang baik dan bermanfaat, karena waktu terus berjalan dan kesempatan tidak datang dua kali.
  8. Kita harus belajar untuk berdamai dengan diri sendiri dan menerima kekurangan yang ada pada diri kita.
  9. Kita harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri, namun tetap bersikap rendah hati dan tidak sombong.
  10. Kita harus berusaha untuk selalu memberikan manfaat bagi orang lain, karena itu akan membuat hidup kita menjadi lebih bermakna.
  11. Kita harus selalu berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga, karena keluarga adalah anugerah terbesar dari Tuhan.
  12. Jangan pernah mengeluh tentang keadaan yang kita hadapi, namun jadilah pribadi yang sabar dan tegar dalam menghadapinya.
  13. Kita harus berusaha untuk selalu menghindari perbuatan yang merugikan orang lain, karena itu akan membawa kebaikan bagi kita sendiri.
  14. Kita harus selalu berusaha untuk memperbanyak amal kebaikan, karena amal kebaikan adalah bekal terbaik di akhirat kelak.
  15. Kita harus selalu berusaha untuk mengembangkan potensi diri yang ada pada diri kita, karena setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda.
  16. Kita harus selalu berusaha untuk mengikuti jalan yang benar dan tidak tergoda oleh godaan yang menyesatkan.
  17. Kita harus berusaha untuk selalu bersikap adil dan tidak diskriminatif terhadap orang lain, karena semua manusia sama di hadapan Tuhan.
  18. Kita harus senantiasa menghormati orang lain, terlebih lagi orang yang lebih tua dan berpengalaman.
  19. Jangan pernah meremehkan kekuatan doa, karena doa yang tulus dan ikhlas akan selalu didengar oleh Tuhan.
  20. Kita harus berusaha untuk menghindari perbuatan yang sia-sia atau tidak berguna, karena waktu adalah sesuatu yang sangat berharga.
  21. Kita harus senantiasa berusaha untuk menjadi pribadi yang berani mengambil keputusan, namun tetap bertanggung jawab atas setiap keputusan yang diambil.
  22. Kita harus berusaha untuk selalu mengembangkan keterampilan dan kemampuan diri, karena itu akan membantu kita dalam menghadapi setiap tantangan hidup.
  23. Jangan pernah menilai orang dari penampilan atau latar belakang sosialnya, karena setiap orang memiliki potensi yang sama.
  24. Kita harus senantiasa mengingat bahwa hidup ini sementara dan akan berakhir pada suatu saat nanti, oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kematian.
  25. Jadilah pribadi yang rendah hati dan tidak sombong, karena itu akan membuat kita lebih mudah diterima dan dihormati oleh orang lain.

Demikianlah 50 kata-kata bijak kehidupan dari Buya Hamka yang dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari setiap kata-kata bijak tersebut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024