Bekraf Gratiskan Pendaftaran HAKI Bagi UMKM yang ingin
Bekraf Gratiskan Pendaftaran HAKI Bagi UMKM

Bekraf Gratiskan Pendaftaran HAKI Bagi UMKM

tirto.id – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menggratiskan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu dilakukan untuk mendorong bertambahnya kepemilikan HAKI yang dinilai masih tergolong minim. Pada survei yang dilakukan pada tahun 2016, angka itu hanya mencapai 11 persen.

“Rasio kepemilikan (HAKI) UMKM kita masih 11 persen. Itu kecil, maka harus ditingkatkan,” ucap Fadjar Hutomo, Deputi Akses Pemodalan Bekraf di Hotel Shangri-La pada Senin (3/12).

Dalam penjelasannya, Fadjar menyoroti pentingnya sebuah ide dalam perkembangan suatu UMKM. Sebab menurut UU tentang HAKI, kekayaan intelektual dapat digunakan sebagai agunan bila ingin mengakses layanan finansial perbankan. Karena itu, Fadjar memastikan kementeriannya akan memberikan insentif bagi UMKM yang ingin mendaftarkan HAKI-nya.

“Maka kami lewat Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi ada kegiatan pendaftaran haki secara free,” ucap Fadjar.

Selain UMKM, Fadjar juga menyinggung sejumlah start-up yang bergerak di bidang film, game, buku, hingga musik. Menurutnya, hal yang sama juga berlaku bagi konten di antara subsektor itu sebab memiliki kaitan dengan kekayaan intelektual.

Fadjar pun menyebutkan hingga kini adanya kendala yang menghalangi UMKM untuk memiliki HAKI seperti misalnya penegakkan hukum HAKI yang masi lemah. Karena itu, ia mengatakan hal ini membutuhkan kerjasama dengan beberapa pihak seperti aparat penegak hukum dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Baca juga:Tidak Ada Bukti Kuasa, Hakim Tunda Sidang Gugatan Pasar Sentral

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024