Hari Kedua Jakarta Siaga 1, Tentara Bantu Pengamanan Ibu Kota
Hari Kedua Jakarta Siaga 1, Tentara Bantu Pengamanan Ibu Kota

Hari Kedua Jakarta Siaga 1, Tentara Bantu Pengamanan Ibu Kota

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Idham Aziz telah menetapkan status Jakarta Siaga 1 untuk menjaga keamanan di Ibu Kota. Polisi telah meningkatkan pengawasan di sejumlah objek vital. Bahkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut turun tangan membantu kepolisian melakukan pengawasan.

Personel yang dikerahkan TNI berasal dari Komando Distrik Militer 0501/Jakarta Pusat. “Ya, ini bagian dari pengamanan setelah status siaga satu,” kata Kepala Urusan Operasional Kodim Jakarta Pusat Letnan Satu Infanteri Sucita Sesko Wardana di Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Mei 2018. “Tak hanya dari Kodim, tapi juga dari Brigade Infanteri Mekanis 1 Pengamanan Ibu Kota/Jaya Sakti.”

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian telah meminta bantuan secara langsung kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk membantu pengamanan antiterorisme. Legalitas permintaan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 bahwa TNI bisa terlibat operasi membantu polisi. Meski begitu, komando pengamanan tetap berada di tangan kepolisian.

Status Jakarta Siaga 1 dikeluarkan Idham melalui surat telegram pada Minggu, 13 Mei 2018. Perintah ini dikeluarkan menyusul serangkaian serangan bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur.

BAca Juga : Anggota Ombudsman Datangi KPK Bahas Kasus Novel

1 Response

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023