Tjoetjoe Sandjaja Didapuk Jadi Bapak Advokat Modern - Kongres Advokat Indonesia

Tjoetjoe Sandjaja Didapuk Jadi Bapak Advokat Modern

Rakyat Merdeka – Tjoetjoe Sandjaja Hernanto mendapat penghargaan bergengsi dalam para pengacara Tanah Air. Dalam Rakernas Kongres Advokat Indonesia (Rakernas KAI) 2022 yang digelar di Bali, Tjoetjoe didapuk sebagai Bapak Advokat Modern.

Penghargaan tersebut tidak lepas dari peran besar advokat senior ini dalam percepatan kemajuan organisasi advokat dari sektor teknologi digital. Misalnya dengan e-Lawyer yang bisa dimanfaatkan banyak pihak. Keputusan ini juga tertuang dalam hasil rekomendasi eksternal Rakernas KAI.

“Pak Tjoetjoe ini menggagas e-Lawyer yang sangat mempermudah jalannya roda organisasi advokat. Dulu semuanya ribet dan serba manual. Sekarang semua bisa didigitalisasi dan ringkas,” jelas salah satu peserta Rakernas, Ibrahim Massidenreng, Rabu (1/6).

Ibrahim menambahkan, dengan adanya e-Lawyer, masyarakat umum pengguna jasa profesi pengacara bisa melakukan validasi guna memastikan seorang advokat itu anggota KAI. “Sistem ini sangat membantu kita untuk memvalidasi seorang advokat. Di dalam aplikasinya juga banyak manfaat lain yang berfungsi memudahkan kerja para advokat,” tambahnya.

Gio, anggota KAI lainnya, mengemukakan, Tjoetjoe berhasil membawa perubahan besar di dunia advokat. Terobosannya yang menjadi pionir digitalisasi sistem organisasi, saat ini mulai diikuti organisasi lain untuk membuat sistem serupa. “Presiden KAI itu pionir dari semua organisasi advokat melakukan digitalisasi,” tutur Gio.

Tjoetjoe menjelaskan, semua sistem digital yang ia konsepkan dan terapkan dari awal menjabat sebagai Presiden Kongres Advokat Indonesia bertujuan agar advokat tidak tergilas kemajuan zaman. Ia berpendapat, semua jenis profesi saat ini mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi, termasuk advokat dan organisasinya. “Alhamdulillah saat ini teman-teman dari organisasi lain juga mulai mendigitalisasi sistem organisasinya,” jelas Tjoetjoe, di sela Rakernas.

Ia menjelaskan, e-Lawyer yang digagasnya juga berfungsi mempermudah, mempercepat, hingga meminimalisir kesalahan dan menutup kemungkinan terjadinya pungli atau biaya-biaya yang tidak perlu bagi para advokat.

Rakernas KAI 2022 diadakan di Marriott The Stones Hotel Bali dalam balutan acara yang megah dan penuh kesan kombinasi etnik Bali dengan teknologi modern. Ballroom berkapasitas 1.000 orang tempat acara berlangsung terasa penuh dan padat oleh anggota KAI yang datang dari seluruh Indonesia.

“Diselenggarakannya Rakernas KAI di Bali merupakan bagian dari peran para advokat dalam menghidupkan kembali pariwisata Pulau Dewata setelah selama dua tahun dipukul pandemi” kata Ketua Panitia Heru Notonegoro, di hadapan Gubernur Bali I Wayan Koster yang hadir di lokasi.

“Kongres Advokat Indonesia keren, keren, keren,” kata Koster, saat turut memberikan sambutan dan membuka acara.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023