Awal Agustus Presiden & VP KAI Jadi Pembicara Diskusi OA Lintas Negara - Kongres Advokat Indonesia

Awal Agustus Presiden & VP KAI Jadi Pembicara Diskusi OA Lintas Negara

Presiden dan Wakil Presiden Kongres Advokat Indonesia, Adv. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, Adv. Pheo Marojahan Hutabarat dan Adv. TM. Luthfi Yazid akan hadir menjadi pembicara diskusi virtual untuk beberapa organisasi advokat di Indonesia dan Singapura yang akan membahas tentang peran Organisasi Advokat dalam aturan hukum dan akses keadilan bagi masyarakat lemah.

Diskusi virtual ini akan diselenggaraka pada 3 – 5 Agustus 2021 dengan tiga topik utama, yaitu pertama “Peran Strategis Organisasi Advokat”, kedua “Budaya Pro Bono (Layanan hukum Cuma-cuma) dan Penerapannya”, ketiga “Peningkatan Kualitas Melalui Pendidikan Hukum”.

Kongres Advokat Indonesia di bawah kepemimpinan Tjoetjoe memiliki perhatian khusus pada Pro Bono dengan target masyarakat yang kurang mampu dan mereka yang buta akan hukum. “Kita punya beberapa program Pro Bono, sebagai tanggungjawab organisasi mendekatkan akses keadilan pada masyarakat,” tutur Tjoetjoe.

Sistem peradilan pidana yang kuat, adil, dan efisien memainkan peran penting dalam memastikan akses warga negara terhadap keadilan, dan sangat penting bagi masyarakat miskin, perempuan, minoritas etnis dan agama, dan komunitas marjinal lainnya. Di luar elemen administrasi formalnya, dasar-dasar sistem peradilan pidana yang kuat mencakup kapasitas sistem pendidikan hukum universitas untuk menginspirasi pengacara muda untuk mengejar karir hukum pidana dan membekali mereka dengan keterampilan praktis yang akan mereka andalkan; kapasitas Pengacara profesional untuk memastikan bahwa para pembela kriminal meningkatkan keterampilan mereka melalui pendidikan hukum berkelanjutan (CLE); komitmen Pengacara untuk mengadvokasi keamanan anggotanya dalam menghadapi intimidasi dan untuk meningkatkan kesadaran publik akan tekanan yang dihadapi hakim dan pengacara dalam bidang perlindungan hak asasi manusia; dan peran berkelanjutan organisasi masyarakat sipil (OMS) dalam memberikan konseling dan perwakilan hukum pro bono kepada mereka yang menghadapi tuntutan pidana atau mencari perlindungan dari sistem hukum formal ketika hak asasi mereka terancam atau dilanggar.

Term Of Refference

Selain dari Kongres Advokat Indonesia, pembicara lain juga akan akan dihadiri dari Peradi Suara Advokat Indonesia, Peradi Rumah Bersama Advokat dan Pembicara dari The Law Society Singapore (terhitung kurang lebih ada 14 pembicara). Acara ini sendiri digelar secara virtual karena mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih menjadi “ancaman” bagi kita jika lengah dan tidak mawas diri. Acara ini sendiri difasilitasi oleh The Asia Foundation.

DPP KAI sendiri mengutus enam orang peserta dengan memprioritaskan keterwakilan perempuan untuk memperoleh kesempatan, di antaranya:

Adv. Diyah Sasanti R, SH., MBA., M.Kn., CIL., CLA., CLI., CRA.
Wakil Presiden Bidang Perempuan & Anak

Adv. H. Aldwin Rahadian M, SH., MAP., CIL
Wakil Presiden Bidang Pembelaan Anggota,
Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia

Adv. Puput Oktavia Susanti, SH., CIL
Anggota KAI Jawa Timur

Adv. Rickyanto Jaksen Monintja, SH
Anggota KAI Gorontalo

Adv. Anisha Wahyuningtyas, S., Sos., SH
Anggota KAI Sulawesi Selatan

Adv. Fajria Angriani Nara Magi, SH.
Tim Elawyer Sekretariat Dewan Pimpinan Pusat
Kongres Advokat Indonesia

Acara ini bersifat gratis dan pelaksana kegiatan akan menyelenggarakan secara live di YouTube agar publik juga bisa menyimak diskusi tersebut, silahkan kunjungi:

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dr. Umar Husin: Keterwakilan Jadi Keunggulan Sistem Presidium Jika Diterapkan di Organisasi Advokat
May 26, 2024
Memikirkan Kembali Wacana Kepemimpinan Presidium
May 26, 2024
Road To Kongres, KAI Gelar Talkshow Refleksi Demokrasi
May 24, 2024
Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024