Apa Sebenarnya Transfer BI Fast? Simak Pengertian dan Biayanya - Kongres Advokat Indonesia

Apa Sebenarnya Transfer BI Fast? Simak Pengertian dan Biayanya

Bagi nasabah perbankan yang akan melakukan pemindahan dana antar bank, bisa memilih transfer BI Fast. Dengan metode transfer BI Fast, dana akan diterima oleh rekening tujuan secara realtime atau dalam waktu yang sama.

BI Fast adalah sebuah infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional untuk memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat selama 24 jam sehari dalam satu minggu. Dilansir dari laman resmi Bank Indonesia, biaya layanan transfer BI Fast sebesar Rp 2.500 per transaksi, dengan batas maksimal nominal mencapai Rp 250 juta per transaksi.

Adapun kepesertaan BI Fast ini terbuka bagi bank, lembaga selain bank (LSB), dan pihak lain yang memenuhi kriteria yang ditetapkan. Bank, LSB, dan pihak lain dapat mendaftarkan kepesertaan BI Fast melalui front office perizinan di Bank Indonesia dengan memenuhi persyaratan kelengkapan dokumen yang diatur melalui Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) BI-FAST.

Perbedaan BI Fast dengan kliring dan RTGS Perlu diketahui, transfer antar bank di Indonesia terdiri dari BI Fast, kliring, dan Real Time Gross Settlement (RTGS). Perbedaan layanan BI Fast dengan transfer melalui SKNBI dan RTGS ada pada biaya, di mana kliring sebesar Rp 2.000 per transaksi dan Rp 25.000 per transaksi.

Untuk maksimal transfer, SKNBI atau kliring memiliki limit hingga Rp 1 milyar per transaksi, sedangkan RTGS maksimal sampai Rp 100 juta per transaksi. Selain itu, perbedaannya terletak pada waktu transaksi.

BI Fast bisa digunakan selama 24 jam, sedangkan kliring dan RTGS hanya dilayani pukul 06.30-16.30 WIB. Transfer uang melalui kliring dan RTGS memiliki jeda waktu beberapa jam setelah rekening didebet, berbeda dengan BI Fast secara realtime.

Untuk kanal pembayaran, kliring dan RTGS hanya bisa diakses melalui counter bank dan kanal mobile/internet, sedangkan BI Fast dapat melayani transaksi menggunakan QR code, ATM, hingga EDC. Perlu digarisbawahi, biaya transfer sebesar Rp 2.500 hanya bisa dilakukan oleh sesama bank yang telah menjadi peserta BI Fast.

Biaya transaksi akan langsung dikenakan saat pembayaran, baik secara online maupun di kantor cabang. Itulah rangkuman informasi mengenai apa itu pengertian BI Fast, biaya transaksi, serta perbedaannya dengan transfer kliring dan RTGS. KOMPAS

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024