Hangatnya Momen Syukuran Presiden Kongres Advokat Indonesia Sekaligus Pendiri IndoLaw, Tjoetjoe Sandjaja Hernanto - Kongres Advokat Indonesia

Hangatnya Momen Syukuran Presiden Kongres Advokat Indonesia Sekaligus Pendiri IndoLaw, Tjoetjoe Sandjaja Hernanto

Bagi Pendiri Kantor Hukum Officium Nobile Indolaw (IndoLaw), Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, 16 Juli 2023 merupakan hari istimewa. Tanggal ini menandai genap setahun ia meraih gelar doktor hukum, usai mempertahankan disertasinya yang berjudul Politik Hukum Organisasi Advokat dalam Sistem Penegakan Hukum di Indonesia’ di Kampus A Universitas Borobudur, Jakarta (16/7/2022); satu tahun usia karya buku Dewan Advokat Nasional – Single Regulator Organisasi Advokat Indonesia yang akhirnya menarik sebuah lembaga internasional untuk mengkaji dan membuat penelitian lebih mendalam; juga usianya yang genap 59 tahun. Pada hari yang sama, Tjoetjoe mengundang seratus lebih anggota keluarga, para sahabat, teman kerja, dan kolega terdekat untuk bersama-sama merayakan dan mengucap syukur atas momen yang bahagia di Cafe Gran Via, Hotel Gran Melia Jakarta (16/7).

“Makan siang bersama ini untuk mengucap syukur atas genap setahun saya (menyandang) gelar doktor hukum; genap setahun karya buku diterbitkan—sekaligus sebagai sebuah kehormatan karena ada lembaga internasional yang mengkaji dan membuat penelitian tentang disertasi saya; usia saya genap masuk ke 59 tahun; juga sebagai rasa syukur atas kelahiran cucu saya yang pertama. Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu, serta meminta doa mudah-mudahan diberikan usia yang panjang dan sehat,” kata Tjoetjoe pada sambutan awalnya.

Selain dikenal sebagai advokat senior andal yang berperan besar dalam melakukan transformasi dunia advokat, Tjoetjoe Sandjaja Hernanto juga merupakan Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI). Sepanjang kepemimpinannya di KAI, ia telah menggagas standar kompetensi advokat yang pertama kali terdaftar di Indonesia; memprakarsai Ujian Kompetensi Dasar Profesi Advokat secara online; serta inovasi pemanfaatan teknologi digital, seperti e-Lawyer yang terintegrasi dengan KTA, kantor hukum, event KAI, hingga sertifikat PKPA. e-Lawyer ini bukan hanya mempermudah kinerja advokat, melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum pengguna jasa advokat, dalam melakukan validasi keanggotaan advokat.

“Pak Tjoetjoe mampu menjaga hubungan baik antar advokat, bukan hanya secara internal, tetapi juga eksternal. Di luar organisasi, ia punya hubungan yang luar biasa dengan banyak orang. Ini terbukti, banyak sahabat Beliau, baik para jenderal polisi dari beberapa angkatan, para ketua pengadilan, para advokat senior, dan beberapa pengusaha papan atas hadir memenuhi undangan makan siang bersama. Berkat kepemimpinannya, KAI tetap solid, maka kita pun perlu menyatukan langkah yang konkret,” kata Dewan Penasihat KAI dan Ketua Alumni Akpol Angkatan 1987, IJP (P) Kamil Razak.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Advokat Indonesia (Peradin), Basuki menyampaikan, secara pribadi, kedekatan Tjoetjoe dengan seluruh anggota organisasi, serta hubungan yang baik dengan Ketua Umum dan Peradin merupakan salah satu hal yang membuatnya terkesan. Ia pun menyelipkan harap, agar ke depannya, KAI dan Peradin dapat menjalin kerja sama.

“Hal ini terbukti, hampir setiap saat kami berkomunikasi tentang organisasi dan perkembangannya ke depan. Semoga Pak Tjoetjoe tetap sukses dan sehat selalu,” ujar Basuki.

Turut hadir dalam acara syukuran ini, Chief Media and Engagement Officer Hukumonline, Amrie Hakim. Di mata Amrie, di luar organisasi dan profesi advokat, Tjoetjoe merupakan sosok yang begitu cinta pada keluarga, terutama ibu. “Saya yakin, kesuksesan Beliau adalah karena begitu berbaktinya ia kepada orang tua dan Ibunda. Hal ini jadi pelajaran yang membekas buat saya. Di hari yang berbahagia ini, saya mendoakan Pak Tjoetjoe dan keluarga agar terus ditambahkan rahmat,” kata Amrie.

Bersama-sama dengan Adv. Ibrahim, Adv. Anisha Wahyuningtyas (Icha) dan Adv. Gio Louhenapessy, Adv. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, pria yang berasal dari Kalianget, Madura ini menjalankan IndoLaw. Dedikasi, integritas, serta profesionalitasnya telah menginspirasi para advokat Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi, guna beradaptasi dengan perkembangan zaman. Ia juga aktif menjalin hubungan baik dan mengembangkan relasi, dengan mengikuti sejumlah pertemuan tingkat nasional-internasional; mengisi, dan menginisiasi kegiatan workshop maupun diskusi tentang perkembangan hukum di Indonesia. Ide-ide besarnya di dunia advokat saat ini telah banyak diikuti oleh para advokat muda Indonesia. HUKUMONLINE

1 Response

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024