Mengenali Sedikitnya Ada 8 Tugas Advokat
tugas advokat

Mengenali Sedikitnya Ada 8 Tugas Advokat

Advokat adalah seorang profesional hukum yang dilatih dan memiliki kualifikasi untuk memberikan saran hukum, mewakili klien mereka dalam pengadilan dan memberikan bantuan dalam transaksi hukum. Tugas advokat dapat bervariasi, tergantung pada spesialisasi mereka dan kebutuhan klien mereka, namun umumnya termasuk sekitar delapan poin seperti di bawah ini ya.

Tugas Advokat

  1. Memberikan nasihat hukum kepada klien: Advokat memberikan saran hukum kepada klien mereka mengenai hak dan kewajiban mereka dalam masalah hukum yang relevan dengan kasus mereka.
  2. Mewakili klien di pengadilan: Advokat mewakili klien mereka di pengadilan dan melakukan tindakan hukum yang diperlukan untuk mempertahankan hak-hak mereka.
  3. Menyiapkan dokumen hukum: Advokat membantu klien mereka dalam menyiapkan dokumen hukum seperti kontrak, surat kuasa, dan pernyataan pengadilan.
  4. Menyediakan negosiasi: Advokat dapat melakukan negosiasi dengan pihak lawan dalam kasus hukum klien mereka, seperti mencapai kesepakatan damai atau pengaturan luar pengadilan.
  5. Memberikan perlindungan hukum: Advokat juga memberikan perlindungan hukum bagi klien mereka dengan memastikan bahwa hak-hak mereka terlindungi oleh hukum.
  6. Melakukan penelitian hukum: Advokat sering melakukan penelitian hukum untuk memastikan bahwa kasus klien mereka didasarkan pada dasar hukum yang kuat.
  7. Memberikan konsultasi bisnis: Advokat juga dapat memberikan saran hukum kepada klien bisnis mengenai transaksi hukum, seperti merger dan akuisisi, pengambilalihan bisnis, dan pendirian perusahaan baru.
  8. Ketika bekerja dengan klien mereka, advokat harus mematuhi etika dan aturan profesional yang ditetapkan oleh badan pengatur hukum setempat. SUMBER

Baca Juga : Fungsi Advokat

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024
RDP Pimpinan Se-Indonesia, Pengurus Daerah Solid Dukung Sistem Presidium Gantikan Sistem Presidensil di KAI
May 22, 2024
aldwin rahadian megantara vice president kongres advokat indonesia
Ciptakan OA yang Kondusif, DPP KAI Gelar RDP Bahas Sistem Kepemimpinan Presidium
May 22, 2024
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024