5 Tren Hidup Sehat yang Bakal Mendominasi di 2024 Menurut Pakar Kebugaran - Kongres Advokat Indonesia

5 Tren Hidup Sehat yang Bakal Mendominasi di 2024 Menurut Pakar Kebugaran

Banyak orang yang menjadikan hidup sehat sebagai salah satu resolusi memasuki tahun baru 2024. Cara mewujudkannya pun beragam, mulai dengan memperbaiki pola makan, rutin berolahraga, hingga mengikuti tren hidup sehat di 2024.

Seiring pergantian tahun, minat masyarakat terhadap olahraga dan aktivitas fisik terus berubah-ubah. Menurut sejumlah pakar olahraga dan kebugaran, ada beberapa tren hidup sehat yang diprediksi bakal mendominasi di 2024.

Tren Hidup Sehat 2024

Lantas, apa saja tren hidup sehat yang diprediksi para pakar bakal mendominasi di 2024? Dikutip dari Lifestyle Asia, berikut pembahasannya.

  1. Inovasi Menggunakan Teknologi dan AI

Perkembangan teknologi wearable yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan (AI) diprediksi bakal menjadi salah satu tren hidup sehat yang digandrungi di 2024. Pelatih kebugaran asal Thailand, Jasmine Khuadkaew, mengatakan keberadaan teknologi tersebut akan memudahkan orang-orang untuk mengetahui kondisi fisik dan kesehatannya.

“Teknologi wearable tersebut akan memungkinkan analisis yang nyaman dan personal terhadap apa yang terjadi dengan kesehatan Anda. Sekarang, kita bisa menggunakan pendekatan yang lebih ilmiah dan berbasis data untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri kita sendiri,” ujarnya.

Khuadkaew menambahkan perkembangan teknologi juga memungkinkan aktivitas fisik dikemas dalam bentuk game yang seru dan menyenangkan.

“Latihan bisa menjadi virtual dan tergamifikasi, seperti mesin row berbasis game atau VR untuk menunjang kebugaran,” imbuhnya.

  1. Minat Terhadap Aktivitas Holistik Meningkat

Latihan holistik adalah aktivitas yang fokus pada gerakan yang lebih menyeluruh. Khuadkaew menjelaskan meski latihan dengan alat dapat memberikan bentuk tubuh yang estetik, orang-orang menyadari bahwa otot-otot tersebut sebenarnya tidak terlalu terpakai di kebanyakan olahraga.

“Orang-orang mulai melirik kebugaran yang lebih fungsional, yang lebih menekankan pada gerakan yang meniru aktivitas di kehidupan nyata untuk meningkatkan kekuatan, ukuran, koordinasi, fleksibilitas, mobilitas, daya tahan, ketangkasan, dan keseimbangan,” tuturnya.

  1. Latihan Hybrid Makin Populer

Pelatih kebugaran online Kevin Teachanarong mengungkapkan latihan hybrid yang menggabungkan antara kekuatan dan daya tahan akan semakin digemari di 2024. Pasalnya, orang-orang mulai menyadari memiliki otot yang besar saja tidaklah cukup untuk memiliki hidup sehat.

“Banyak praktisi angkat berat tingkat menengah maupun lanjut yang memiliki tubuh berotot mulai menyadari kalau otot saja tidaklah cukup. Diperlukan juga latihan yang bisa membantu kita bergerak dan berfungsi dengan baik. Ini artinya turut melakukan latihan kardiovaskular melalui olahraga lari, berjalan, dan lain sebagainya,” terangnya.

Latihan hybrid sendiri merupakan aktivitas yang menggabungkan pendekatan dari berbagai macam olahraga. Misalnya, menggabungkan teknik latihan seperti angkat berat dengan bersepeda untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

  1. Makanan Nabati Menjadi Tren

Orang-orang juga diprediksi bakal mulai mengonsumsi makanan berbasis nabati sebagai bagian dari menu sehari-hari. Meski orang-orang menyadari pentingnya sayuran bagi kesehatan, masih banyak praktisi kebugaran yang tidak memasukkan makanan tersebut ke dalam dietnya.

Ketimbang menjadi vegetarian seutuhnya, akan lebih baik menemukan keseimbangan dengan menambahkan makanan berbasis nabati ke dalam menu sehari-hari.

  1. Aktivitas Luar Ruangan dan Mendekatkan Diri ke Alam

Sementara, atlet basket Thailand Kevin Dasom memprediksi orang-orang akan semakin menggandrungi aktivitas luar ruangan sambil merangkul alam. Menurutnya, olahraga luar ruangan dapat menjadi cara yang sangat efektif dan terjangkau, terutama di masa-masa sulit finansial.

“Semakin banyak orang yang menikmati olahraga di luar ruangan, seperti jogging, bersepeda, atau berjalan-jalan di taman, baik sendiri atau bersama teman,” katanya.

“Aktivitas ini menawarkan berbagai manfaat mental dan fisik. Ditambah lagi, waktu di luar ruangan dapat menurunkan detak jantung, dan Anda juga bisa mendapat manfaat dari vitamin D (dari sinar matahari),” pungkasnya. DETIK

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024