5 Cara Sederhana untuk Mengatasi Bau Mulut Akibat Asam Lambung - Kongres Advokat Indonesia

5 Cara Sederhana untuk Mengatasi Bau Mulut Akibat Asam Lambung

Bau mulut menjadi salah satu permasalahan yang masih dialami oleh banyak orang. Umumnya, hal ini dianggap dapat terjadi karena kesehatan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Sayangnya, tak banyak yang tahu bahwa bau mulut sebenarnya juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada lambung loh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa asam lambung memiliki keterkaitan yang kuat dengan bau mulut. Faktanya, kondisi asam lambung menyebabkan makanan tidak tercerna dengan baik sehingga kembali ke kerongkongan. Inilah yang pada akhirnya mengakibatkan bau tidak sedap pada mulut.

Meski begitu, tak perlu khawatir kamu bisa mencegah hal itu dengan cara memperbaikinya kebiasaan dan gaya hidup. Dilansir dari Smart Mouth, berikut deretan cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau mulut akibat asam lambung. Simak!

  1. Tetap Jaga Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut menjadi hal yang tetap wajib diperhatikan meski masalah bau mulut yang kamu alami mungkin saja disebabkan oleh asam lambung. Setidaknya dengan menjaga kebersihan mulut dapat membantu mengurangi bau tidak sedap akibat penyakit yang kamu alami.

Terkait ini, pastikan kamu rutin menggosok gigi 2 kali sehari yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Selain itu, upayakan pula untuk selalu memeriksakan kebersihan gigimu ke dokter setidaknya enam bulan sekali.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Terpenuhinya kebutuhan cairan dapat memberi dampak baik pada sistem pencernaan. Bahkan, minum air putih yang cukup juga secara khusus bisa membantu mengencerkan dan membersihkan asam lambung.

Tak hanya itu, mengonsumsi air putih turut membantu meningkatkan produksi air liur. Hal ini penting karena mulut yang dibiarkan kering dalam waktu lama dapat memicu munculnya bau tidak sedap. Oleh sebab itu, pastikan kamu penuhi kebutuhan cairanmu yakni setidaknya 2 liter per hari, ya.

  1. Perhatikan Pilihan Makanan

Makanan sepertinya memang menjadi salah satu faktor yang ikut berpengaruh terhadap munculnya bau tidak sedap di mulut. Hal ini akan semakin diperparah lagi apabila kamu juga mengalami asam lambung. Maka, mulai saat ini cobalah untuk memperhatikan setiap makanan yang akan kamu konsumsi.

Khusus bagi kamu penderita asam lambung penting untuk menghindari konsumsi alkohol, kafein, hingga minuman berkarbonasi karena bisa semakin memperburuk kondisimu. Selain hal tersebut, pastikan pula kamu membatasi konsumsi makanan yang berbau menyengat seperti bawang merah dan bawang bombai.

  1. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur menjadi salah satu cara sederhana lainnya untuk mengatasi bau mulut akibat asam lambung. Sebab, tak bisa dimungkiri bahwa menggosok gigi saja terkadang masih belum cukup untuk membersihkan dan memusnahkan bakteri pada mulut.

Maka, ada baiknya kamu turut menggunakan obat kumur setelah gosok gigi agar kesegaran mulutmu selalu terjaga. Nah, mengenai hal ini sebaiknya kamu gunakan obat kumur yang bebas alkohol untuk mencegah mulut menjadi kering.

  1. Hindari Penyebab Asam Lambung

Jika kamu mengalami masalah bau mulut karena asam lambung, maka untuk menghilangkannya kamu perlu mengatasi penyakit itu dulu. Nyatanya, ada banyak hal sederhana yang sering tak disadari bisa memperparah penyakit asam lambung.

Terkait hal itu, kamu memang perlu melakukan banyak perubahan pada pola hidup. Misalnya, makan dalam porsi kecil tapi sering, meninggikan bantal saat tidur, tidak langsung berbaring setelah makan, hingga berhenti merokok.

Itulah sejumlah cara sederhana untuk mengatasi bau mulut akibat asam lambung. Terapkan agar kamu bisa segera terlepas dari masalah menyebalkan ini, ya. BEAUTYNESIA

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024