5 Ciri-ciri Diabetes pada Pria yang Khas, Cek Yuk! - Kongres Advokat Indonesia

5 Ciri-ciri Diabetes pada Pria yang Khas, Cek Yuk!

Ciri-ciri diabetes pada pria sedikit berbeda dari wanita. Hal itu dipengaruhi efek diabetes yang memengaruhi kadar hormon testosteron pria. Perlu diketahui, diabetes adalah penyakit gula darah tinggi kronis karena tubuh kekurangan hormon insulin atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Penyakit ini lebih rentan dialami pria ketimbang wanita. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali beberapa gejala diabetes pada pria yang khas.

Ciri-ciri diabetes pada pria

Ada beberapa tanda diabetes pada pria yang khas dan tidak dirasakan penderita wanita, antara lain:

Disfungsi ereksi

Dilansir dari Healthline, gejala diabetes pada pria dapat memengaruhi kesehatan seksual seperti disfungsi ereksi.

Penyakit ini bisa menyebabkan pria susah mencapai dan mempertahankan ereksi. Studi meta-analisis dari 145 penelitian menunjukkan, lebih dari 50 persen penderita diabetes pria mengeluhkan disfungsi ereksi.

Susah mengontrol kencing

Penyakit diabetes juga bisa merusak sistem saraf otonom yang mengontrol pelebaran atau penyempitan pembuluh darah. Apabila kerusakan terjadi di organ reproduksi, penderita tak hanya mengalami disfungsi ereksi tapi juga bisa susah mengontrol kencing, jadi sesekali mengompol.

Air mani sedikit

Penderita diabetes pria juga bisa mengalami gejala air mani yang keluar lebih sedikit dari biasanya saat ejakulasi. Kondisi ini disebabkan sebagian air mani yang seharusnya keluar lewat penis justru memasuki kandung kemih.

Infeksi jamur berulang

Ciri-ciri diabetes pada pria yang pantang disepelekan lainnya yakni infeksi jamur berulang. Dilansir dari WebMD, kondisi ini disebabkan kadar gula darah tinggi memicu pertumbuhan jamur berlebihan.

Otot lemah dan lemas

Penderita diabetes pria juga lebih rentan mengalami kelemahan atau berkurangnya kekuatan otot. Kondisi ini dipengaruhi penurunan massa otot karena diabetes. Peningkatan gula darah kronis menyebabkan tubuh memecah otot dan lemak untuk energi.

Ciri-ciri diabetes yang umum

Selain tanda diabetes pada pria di atas, penderita biasanya juga merasakan gejala diabetes yang umum dialami pria maupun wanita. Dilansir dari MedicineNet, beberapa tandanya antara lain:

  • Sering kencing
  • Badan lelah padahal sudah cukup istirahat
  • Pandangan kabur
  • Berat badan turun tanpa perubahan diet dan olahraga
  • Sering kesemutan dan mati rasa, terutama di kaki dan tangan

Waspadai beberapa ciri-ciri diabetes pada pria di atas. Terutama jika pria termasuk kelompok berisiko terkena penyakit ini, seperti berat badan berlebih, perut buncit, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kurang gerak, merokok, kurang tidur, dan pola makan tidak sehat. KOMPAS

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024