Kesal 20 Tahun Jalan Kampungnya Rusak, Akhirnya Pria Ini Cor Pakai Uang Sendiri Senilai 2,8M - Kongres Advokat Indonesia

Kesal 20 Tahun Jalan Kampungnya Rusak, Akhirnya Pria Ini Cor Pakai Uang Sendiri Senilai 2,8M

Joko Suranto, warga Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, ini sangat pas bila disematkan julukan sebagai crazy rich Grobogan.

Sebab, Joko Suranto ikhlas mengeluarkan dana pribadi sampai Rp 2,8 miliar untuk memperbaiki jalan pemerintah yang menuju rumah orangtuanya. Hal tersebut menjadi perhatian publik setelah kisahnya diunggah akun YouTube Grobogan TV, sehingga viral di media-media sosial.

Total ruas jalan ke rumah masa kecil yang diperbaiki memakai uang pribadi Joko Suranto adalah 1,8 kilometer. Berdasarkan informasi yang terhimpun, Joko Suranto adalah usahawan asal Desa Jetis, Kecamatan Karangayung, Kabupaten Grobogan.

Joko Suranto dikenal sebagai perantau di Jakarta. Di Ibu Kota, usahanya di bidang properti mengalami kesuksesan sehingga uang yang masuk ke rekeningnya terbilang fantastis.

Kekinian, ia tinggal di Kota Bandung, Jawa Barat. Tak hanya itu, Joko Suranto juga dikenal sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia atau DPD REI Jawa Barat.

Menurut Kepala Desa Jetis sekaligus kakak Joko Suranto, yakni Suharnanik, sang adik mengakui kesal karena jalan di desa kelahirannya tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah. Bahkan, kondisi itu sudah berlangsung sejak 20 tahun silam.

“Kalau musim penghujan, banyak warga yang jatuh karena jalan rusak. Banyak lubang,” kata Suharnanik. Dia mengatakan, Joko Suranto mengetahui jalan di desanya itu adalah aset pemerintah daerah. Tapi sebagai putra daerah, Joko Suranto juga merasa prihatin.

Memakai uang pribadinya, Joko Suranto berhasil memperbaiki serta meningkatkan kualitas jalan di desanya. Kekinian, jalan itu sudah dicor hingga selebar 4,5 meter. Sementara ketebalan jalan bercor tulang 20 sentimeter. Pengerjaannya pun terbilang cepat, yakni 21 hari.

Warganet membanjiri kolom komenter kanal YouTube itu dengan puji-pujian untuk Joko Suranto. “Ini bener-bener crazy rich, mudah-mudahan Allah yang membalas kebaikanmu, amiin,” kata akun Suhartini Tini.

“Wahh patut di contoh ini. Tidak harus pejabatpun bisa membangun jalan, sehat selalu buat keluarga bapak,” kata akun Reza Alif Vianto. “Patut ditiru, jangan hanya pamer saja, koar-koar punya ini punya ono, inillah orang yang baik tidak banyak omong langsung bangun jalan umum selamat ya Bos,” kata akun Rumi rumi.

“Sikap terpuji dan patut dicontoh,” tutur akun Salie Suhartini. “Asiiik kalo ke Pasar Jetis wis mantap jalurnya,” kata akun Ali NurH. SUARA

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dr. Umar Husin: Keterwakilan Jadi Keunggulan Sistem Presidium Jika Diterapkan di Organisasi Advokat
May 26, 2024
Memikirkan Kembali Wacana Kepemimpinan Presidium
May 26, 2024
Road To Kongres, KAI Gelar Talkshow Refleksi Demokrasi
May 24, 2024
Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024