Polisi Akan Percepat Proses Hukum Tersangka Pencabulan Anak di Papua
Polisi Akan Percepat Proses Hukum Tersangka Pencabulan Anak di Papua

Polisi Akan Percepat Proses Hukum Tersangka Pencabulan Anak di Papua

Polisi Akan Percepat Proses Hukum Tersangka Pencabulan Anak di Papua

Okezone.com – Kepolisian Daerah Papua memerintahkan jajaran penyidik Polres Mimika agar mempercepat proses hukum tersangka AW, pelaku pencabulan terhadap seorang bocah sembilan tahun di Timika pada Rabu 10 Februari 2016.

Waka Polda Papua Brigjen Polisi Rudolf Albert Rodja mengatakan, kasus tersebut menjadi prioritas untuk ditangani secepatnya karena menyita perhatian publik.

“Kita mau percepat karena kasus ini sudah menjadi perhatian publik. Apalagi gambar pelaku disebar ke media sosial. Sayangnya, keterangan gambar tidak menjelaskan fakta yang sebenarnya, malah justru memojokkan polisi,” kata Rudolf, Senin (15/2/2016).

Ia menegaskan, penanganan hukum kasus tersebut tidak menemui kendala mengingat semua data pendukung cukup memadai. “Tidak ada masalah, pelakunya sudah ada, saksi-saksi juga ada, termasuk saksi korban,” jelas Rudolf.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), didukung dengan keterangan saksi-saksi maupun pelaku, sesungguhnya ada serangkaian cerita sebelum polisi datang ke lokasi kejadian.

“Ada seorang dalam keadaan mabuk melakukan perbuatan cabul terhadap anak di bawah umur. Dia diamankan oleh keluarga maupun masyarakat. Karena emosi mengetahui kejadian itu, pelaku dihakimi massa. Lalu polisi datang untuk mengamankan pelaku agar tidak terjadi hal-hal yang bisa merugikan yang bersangkutan,” ujar Rudolf.

Ia memastikan anak buahnya tidak melakukan tindakan tercela sebagaimana yang ditulis dalam media sosial. “Dari hasil pemeriksaan, kita dapat menarik kesimpulan bahwa untung polisi cepat datang ke lokasi untuk mengamankan pelaku. Kalau polisi terlambat, kita tidak tahu kondisi pelaku seperti apa karena massa dalam keadaan emosi. Apalagi korbannya anak kecil,” jelas Rudolf.

(Kongres Advokat Indonesia)                 

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024