LBH HAMI akan Beri Layanan Hukum Gratis
LBH HAMI akan Beri Layanan Hukum Gratis

LBH HAMI akan Beri Layanan Hukum Gratis

LBH HAMI akan Beri Layanan Hukum Gratis

Inilahkoran.com – DPC Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Kota Bandung akan segera membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Nantinya LBH tersebut akan memberikan layanan konsultasi hukum secara gratis kepada masyarakat kurang mampu.

Ketua DPC HAMI Kota Bandung Michael TI Siahaan menyatakan, LBH HAMI dibentuk untuk merespons keadilan terhadap masyarakat kurang mampu. HAMI akan fokus membantu masalah hukum.

Kita akan beri jalan, konsultasi hukum, mencakup berbagai hal, dan semua gratis, kata Michael kepada wartawan di Kali Square Jalan Sumatra Kota Bandung, Minggu (14/2/2016).

Michael menyatakan, LBH HAMI Kota Bandung ingin melakukan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya menghilangkan stigma advokat itu mahal. Advokat anggota HAMI akan memberikan masukan kondisi hukum, mengkritisi, tetapi paling utama memberi saran membangun.

Kita ingin mengedepankan pengabdian. Kita bukan eksis saja, tapi bergerak untuk masyarakat, ujarnya. Pria yang akrab disapa Nino ini mengatakan, selama ini masih banyak masyarakat yang kurang memahami permasalahan hukum. Akibatnya, masyarakat tersebut berbenturan antara Hak dan kewajibannya.

Makanya program kerja kita akan ada program penyuluhan hukum, bekerja sama dengan BEM kampus se-Kota Bandung, penyuluhan ke kampus dan sekolah. Intinya tidak ada salah paham soal hukum, katanya.

Pembentukan LBH merupakan program pertama usai DPC HAMI Kota Bandung dilantik. Untuk periode 2016-2021, kepengurusan terdiri dari Ketua DPC Michael TI Siahaan, Sekjen Rio F Wilantara, dan Bendahara Rizki Dris.

Menurut Michael, HAMI menginginkan tatanan hukum di Bandung berjalan sesuai koridor. Keunggulan HAMI bukan organisasi advokat, hanya wadah berhimpun. Kita melihat HAMI akan sangat besar dan maju. Kita tidak terlibat dalam konflik senior. Justru nanti mereka akan lihat kita, ucapnya.

Sementara itu, DPD HAMI Jabar Rohman Hidayat mengatakan, pihaknya akan meminta DPC HAMI Kota Bandung membuat terobosan acara dan program sinergis. Kalau ada hal yang bersentuhan hukum, advokat siap bergerak.

Ada saatnya tongkat estafet itu direbut, kalau nunggu dikasih akan lama. Kami berbangga di Kota Bandung punya advokat visioner, pejuang, juga punya konsep baru, kata Rohman.

(Kongres Advokat Indonesia)

27 Responses
  1. Riki jatnika

    Saya punya masalah dengan kreditan motor yang g sanggup saya bayar, karena tekhnis keadaan ekonomi saya yang masih belum terkontrol.saya mohon untuk memberikan solusinya.

  2. Erny

    Ass…bapak / ibu yg terhormat…mohon bantu saya perihal pencemaran nama baik saya d karenakan saya terjerat pinjol sedangkan saya telat bayar

    Mohon d respon

  3. Mira

    Selamat siang..pa/ bu yang terhormat saya terjerat pinjman online saya sudah tidak mampu bayar mereka mengancam akan menyebarkan data saya…mhon bantuannya

    1. Selamat malam .
      Mohon bantuannya 🙏 .
      Bila berkenan bpk/ ibu.
      Sy ibu dr 2 orang anak .sy terjebak oleh pinjol yg sudah menyebarkan data ktp dan foto sy kepada semua kontak tlp sy .
      Anehnya mereka punya data data sy .dan ada pengajuan saya .
      Dengan nama Allah sy bersaksi .sy tdk mengajuhkan apapun.dlm keadaan sakit sy kangker otak stadium lanjut .sy harus mengakuinya karna tlp dan tekanan dr mereka .
      Dimana lg sy harus meminta bantuan .
      Setidaknya selagi sy masih bertahan sy hanya ingin di jln Allah .
      Namun dengan kejadian ini.hilang semangat hidup sy .sy harus mengakui yg tdk sy lakukan .
      Mohon bantuannya .

  4. Gunendar

    Anak saya punya masalah, dia memberikan kridit HP, bekerja sama dengan seseorang yg punya modal, akhir akhir ini anak saya tdk bisa bayar angsuran sesuai kesepakatan kepada si pemilik modal dan di laporkan ke polisi dengan tuduhan penggelapan, gimana solusinya.

    1. Muhyidin mahdi

      Malam bapak/ibu saya mau meminta bantuan hukum di karnakan saya di PHK tanpa tunjangan. Adapun tunjungan yg di berikan dengan syarat saya harus ttd surat pengunduran diri. Dengn konpensasi sebesar 6,9 jt. Menurut saya itu tdk adil saya mulai berkerja dari thn 2011 dan di angakat jd pegawai tetap thn 2012. Dan harus mndapat kan konpensasi phk 6,9 jt. Mohon bntuan ya bapak ibu

  5. Ali ambran

    Selamat sore bapak/ibu yang kami hormati maaf mengganggu saya mau minta tolong bantuhan hukum kepada bapak/ibu yang kami hormati d tempat permasalahanya ini keluaga saya d curangi soal pengukuran tanah oleh perangkat desa yang menjabat kepala kadus(kepala dusun) sedang kan kelurga kami mempunyai setripikat tanah yang di akui oleh negara tetapai pihak bersangkutan tidah mengakui di karenakan pihak besangkutan mempunyai saudara kadus dan berat sebelah itulah permasalahan keluarga kami..mohon kiranya bapak/ibu bersedia menbatu keluarga kami yang kurang mampu dalam hal mencari solusi buat melawan kadus yang berat sebelah itu..dan apa bila ada salah kata2 saya mohon di maafkan bapak/ibu yang yang kami hormati terimakasi banyak

  6. Atik gunawan

    Pagi, saya ada masalah dengan vendor perumahan. Waktu itu saya mau pengajuan kredit rumah d PT EBSA yg beralamat jl salendro raya no 12. Syarat2 sudah masuk semua, dan SPV marketing yg bernama ibu Yati langsung meminta dana 3 juta untuk booking fee. Setelah masuk, data d proses. Kemudian Bu yati ini minta DP masuk semua. Total kurang lebih 17,4 juta. Saya transfer secara bertahap d hari yg sama, karena mbanking ada batas limit transfer harian. Setelah beberapa bulan proses, ternyata data saya d tolak pihak Bank(BANK BNI SYARIAH) dengan alasan karakter ada pinjaman berturut2 d pinjaman bank, itu bukan saya, data saya dipakai saudara istri. Saya ajukan surat pernyataan bahwa itu bukan saya, tetap d tolak. Tidak berapa lama, saya tanyakan uang DP yang sudah masuk bisa diambil lagi? Kata Bu yati. Bisa. Berapa lama? 3 bulan nunggu proses pencairan. Ok. Saya tunggu selama 3 bulan. Pas tgl 7/4/2020 saya menagih janji tersebut. Bu Yati malah memberikan org yg berhak mencairkan uangnya ini( an Bu Rini), kemudian saya kontak bu Rini ini. Tidak segampang saya masukkan uang DP ke mereka. Jawab Bu Rini, baik pak d tunggu prosesnya. Soalnya saya harus mengajukan lagi??? Lah. Maksudnya apa? Proses kan sudah 3 bulan untuk pengajuan pencairan. Sekarang sudah pas janji tersebut. Malah seperti itu jawabannya. Jadi bapak/ibu sya meminta tolong keadilannya, bantuannya. Untuk kasus saya ini, uang DP itu saya usahakan sebisa mungkin biar masuk. Sekarang saya minta lagi kok dipersulit. Itu uang saya sendiri untuk modal usaha, sekarang usaha saya lagi terhenti, karena sebagian uangnya blm d balikin dari PT EBSA dan Bank BNI Syariahnya.. saya minta pertolongan hukum, supaya kasusnya cepat beres dan usaha saya bisa jalan lagi. Dan keluarga saya bisa makan lagi lah.

  7. Thomas Y. G

    Sy… Terjerat pinjaman online, dan sdh tdk sanggup untuk membayar, data saya pun sdh disebarkan ke bbrp nomor kontak yg ada di HP, bgt pun teror telpon dgn kata2 kasar kpd bbrp org teman & anggota keluarga. Mohon dibantu, untuk penyelesaian mslhnya. Sblm & sesudahnya sy ucapkan trm ksh… Mohon info (balasan nya segera)

  8. Ela astri

    Selamat malam, apakah KAI bisa membantu untuk memberi pendampingan hukum utk pekerja? Saya dan teman2 perlu pendampingan utk masalah surat kesepakatan kerja yg menurut kami aturannya bertentangan dengan UU ketenagakerjaan. Mohon bantuannya

  9. Muhammad Ali Husein

    Selamat malam LBH HAMI Bandung
    Perkenalkan saya Muhammad Ali Husein, rekan dari korban penipuan Rp 500 juta yang diiming-imingi rekruitmen BUMN di Bandung. Mohon info, saat ini korban sedang mencari keadilan, karena pelaku tidak mau mengembalikan dana sedangkan sudah ada perjanjian pengembalian dana di tandatngani diatas materai oleh kedua belah pihak. Saat ini korban tidak memiliki dana untuk meminta pendampingan akibat seluruh dananya diambil oleh pelaku. Adapun baik korban dan pelaku sama-sama berdomisili di Bandung.
    Mohon info, kemana saya harus menghubungi?
    Terimakasih

    Muhammad Ali Husein
    Whatsapp : +90 552 505 23 54
    Email : muhammadalihusein@gmail.com

    1. Redaksi

      Bapak Ali, mohon menghubungi Ibu Icha di nomor 0819821801, pesan ini langsung disampaikan Presiden KAI Bpk. Tjoetjoe S Hernanto.
      Terimakasih, semoga ada jalan keluar.

  10. Heri

    Selamat mlm bp/ibu yg terhormat. Perkenalkan nama saya heri, mohon minta solusi dan bantuan ny.
    Saya mengambil perumahan di daerah katapang, sudah masuk dp 30 jt berhubung sy ada masalah dengan ke uangan akhirnya perumahan saya batalin, trus sy dengan pihak perumahan bikin surat pembatalan, permasalahan nya sy sudah 2x bikin surat pembatalan dengan pihak perumahan, dari pihak perumahan belum menunjukan itikad baik untuk mengembalikan uang dp tersebut hanya janji2 aja, sy mohon dan minta bantuanya langkah apa sg harus sy ambil. Trimakasih.

  11. Yadi kurniadi

    Mohon,bantuannya saya berdomisili di kota cimahi,saya memiliki istri yang terpergok selingkuh dan tinggal bersama selingkuhannya bahkan saya di dampingi pihak kepolisian..namun belum ada kepastian pemanggilan ,saya tidak ingin kasus ini seolah olah menjadi pembiaran terhadap pelanggaran hukum dikarenakan istri dan selingkuhannya tidak kunjung menghadiri panggilan polisi,saat ini kasus saya masih dalam tahap pengaduan.mohon solusi dan bantuan hukumnya moga komen saya di baca dan direspon mengingat semangat visi dan misi bapak dan ibu sekalian untuk membantu masyarakat yg kurang paham terhadap hukum

  12. Elis ekawati

    Assalamuallaiku..
    Mohon bantuannya

    Saya terlibat hutang yang terus membesar.
    Berawal dari kerja sama dengan teman.
    Tapi karena creditan macet
    Dia tida mau tau harus ditanggung jawab semua sama saya padahal dia jg tau siapa aja yg punya utangnya.
    Tiap bulan harus ada pemasukan kalau g ada dia selalu alasan pinjam sana sini dan dari sekian menjadi sekian sehingga utang mengakar kemana mana dia yg pinjam saya yg harus bayar.
    Modal awal sekitar 50 jt sekarang udah 450 jta ditambah yg hutang mengakar itu entah berapa puluh jta.
    Sampai dia punya utang ke lising jg harus saya yg bayarin karena hasil dari modal g ada pemasukan.
    Mohon bantuannya bagaimana solusinya?
    Kalau ke pengadilan ,bingung jangankan buat bayar ini itu , buat makan pun sy udah kadang kebingungan.

  13. Gigin Ginanjar

    Hallo bapak/ibu salam santun dari bandung

    Mau minta bantuan hukum dari menengah bawah perkara warisan

    Tolong solusinya info selanjutnya trims

  14. wulan wianti

    Assalamualaikum bapak/ibu saya ibu rumah tangga yg terjerat online disaat saya terjerat online tiba2 ada masuk uang 6jt ke rekening saya dengan 7x transferan ..pdhl saya tidak mengajukan pinjaman tersebut..dan harus bayar dalam wkt 7 hari..4 hari 5 hari kemudia n saya di sms disuruh membayar disitu ada link saya buka ternyata yg kirim ke rekening saya 7 aplikasi..mereka nge WA
    saya harus membayar dengan waktu yg bersamaan.dan mengancam akan menyebarkan data saya..mohon bantuannya..🙏🏻

  15. Sugiyanti

    Assalamualaikum Bapak/,Ibu dri LBH yang terhormat,maaf saya ingin bertanya bagaimana cara mengurus Surat Perwalian anak saya yang masih dibawah umur utk melengkapi berkas ke Notaris,sehubungan dengan adanya pembagian hak waris dari keluarga almarhum suami,,kemarin sdh menghubungi Pengadilan Negeri Kls 1A di Baleendah,,kami sdh konsultasi dan dikasih persyaratan,,hanya saja bagaimana caranya supaya Surat Perwalian ini tdk ditempuh melalui sidang,karena sidang itu kita harus membayar sejumlah uang utk ongkos perkara,klu jumlahnya jutaan kami tdk sanggup,terimakasih

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024