13 Makanan yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi - Kongres Advokat Indonesia

13 Makanan yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi banyak dipicu oleh asupan makanan harian. Ada makanan dengan kandungan nutrisi yang ampuh turunkan tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi meningkatnya tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan dan atau tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg.

Melansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), tekanan darah tinggi adalah salah satu silent killer atau pembunuh senyap. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan bahwa satu dari tiga orang di Indonesia mengidap tekanan darah tinggi.

“Satu dari tiga orang Indonesia mengidap hipertensi, bahkan angka ini terus meningkat setiap tahunnya. Hipertensi sering disebut sebagai silent killer karena orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki keluhan,” kata Budi, dikutip Sabtu (5/8/2023).

Penderita tekanan darah tinggi harus menerapkan pola hidup dan makanan untuk mencegah masalah kesehatan lain. Berikut 13 makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, dirangkum dari WebMD, Sabtu (5/8/2023).

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau terkenal kaya akan potasium yang dapat membantu mengeluarkan natrium dari dalam tubuh melaluiurin dan melemaskan dingin pembuluh darah. Jenis sayuran yang direkomendasikan untuk penderita tekanan darah tinggi adalah bayam, brokoli, kangkung, atau sawi.

  1. Buah Beri-berian

Anthocyanin, pigmen yang memberi warna pada bluberi, stroberi, dan blackberry memiliki banyak manfaat untuk pembuluh darah dalam tubuh.

Anthocyanin adalah senyawa alami yang dapat membantu dinding arteri menjadi lebih lebar dan fleksibel untuk menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan kesehatan jantung.
Penderita tekanan darah tinggi direkomendasikan mengonsumsi dua hingga tiga cangkir buah beri-berian segar atau beku per hari.

  1. Yogurt

Kalsium adalah mineral penting untuk mengontrol tekanan darah karena dapat membantu pembuluh darah mengencang dan rileks. Yogurt polos dan rendah lemak adalah pilihan yang baik untuk menambahkan kalsium tanpa terlalu banyak tambahan gula atau lemak.

  1. Ikan

Sumber kalsium lain yang bisa dijadikan pilihan adalah ikan bertulang, seperti salmon atau sarden. Ikan berminyak, seperti makarel dan sarden mengandung omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat menurunkan tekanan darah. Penyajian ikan harian yang disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi adalah 100 gram hingga 200 gram per hari.

  1. Biji-bijian

Tambahan biji labu, biji rami, dan bunga matahari ke salad, yogurt, atau oatmeal diklaim dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Bij-bijiani adalah sumber mineral vital, seperti magnesium yang bisa membantu mengontrol tekanan darah dan mengendurkan pembuluh darah. Penyajian harian biji-bijian yang disarankan adalah satu hingga satu setengah sendok makan per hari.

  1. Oatmeal

Oatmeal yang berasal dari gandum utuh terkenal sehat, mengenyangkan, dan rendah sodium. Selain mengendalikan tekanan darah, makanan yang mengandung banyak serat ini juga dapat membantu menjaga berat badan.

  1. Buah Bit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum dua cangkir campuran tiga bagian buah bit dan satu bagian jus apel dapat membuat tekanan darah sistolik turun hanya dalam beberapa jam. Sebagai informasi, tekanan sistolik yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjangkit stroke.

  1. Bawang Putih

Tidak hanya menambahkan rasa pada makanan, bawang putih juga dapat membantu meningkatkan kadar nitric oxide yang mampu mengendurkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang rileks dapat membantu jantung agar tidak terlalu keras memompa darah. Dengan demikian, tekanan darah akan tetap stabil.

  1. Pistachio

Kacang-kacangan tanpa garam, seperti kenari dan almond dapat menjadi sumber lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Namun, pilihan jenis kacang yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi adalah pistachio. Pistachio diklaim memiliki efek paling kuat untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Buah Delima

Mengonsumsi buah delima segar dan utuh secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Selain buah delima, pastikan pengidap tekanan darah tinggi mengonsumsi serat dari makanan lain untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan melancarkan pencernaan.

  1. Minyak Zaitun

Polifenol adalah antioksidan pelindung yang terkandung di dalam minyak zaitun. Polifenol dapat meningkatkan kesehatan dan kelenturan pembuluh darah.

Penderita tekanan darah tinggi disarankan untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega, minyak sayur, atau minyak kanola dalam masakan.

  1. Kacang-kacangan

Segelas kacang polong, kacang lentil, kacang garbanzo, atau kacang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kacang-kacangan kaya serat dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner.

  1. Dark chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam dengan kandungan kakao minimal 50 hingga 70 persen dapat memberikan manfaat dari senyawa flavanol.

Serupa dengan bawang putih, antioksidan ini dapat meningkatkan kadar nitric oxide dan melebarkan pembuluh darah. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi cokelat dengan tambahan gula, krim atau susu. DETIK

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023