9 Jenis Durian di Jatim Ini Enaknya Kebangetan, Rekan ADVOKAI Wajib Nyobain - Kongres Advokat Indonesia

9 Jenis Durian di Jatim Ini Enaknya Kebangetan, Rekan ADVOKAI Wajib Nyobain

Rekan-rekan ADVOKAI ada yang jadi penggemar durian? Bagi rekan-rekan yang sedang berada di Jawa Timur, ternyata di sini ada varietas durian yang paling enak lho. Baca terus sampai habis yaaa …
Nah, berikut adalah jenis-jenis durian yang paling enak. Mulai dari jenis langka, hingga favorit presiden.

Berikut 9 jenis durian yang dirangkum detikJatim dari berbagai daerah:

  1. Durian merah

Asalnya dari Banyuwangi. Meski warna berbeda dengan durian pada umumnya, tapi rasanya tetap manis, legit dan enak. Karena langka, durian ini banyak dicari dari penikmat hingga peneliti.

Durian ini hanya tumbuh di 5 kecamatan yakni Kalipuro, Glagah, Songgon, Licin, dan Kecamatan Giri. Durian merah bisa tumbuh subur di sana karena tanahnya memiliki unsur hara yang istimewa.

Keistimewaan itu karena mendapatkan asupan sulfur dari Gunung Ijen ataupun Gunung Raung ditambah hawa laut dari selat Bali yang kaya akan mineral.

  1. Durian Ripto Trenggalek

Durian ini berasal dari Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Durian ini merupakan varietas unggulan di Trenggalek.

Namanya mencuat setelah sempat disebut Presiden Jokowi sebagai salah satu durian favoritnya. Dalam sebuah kunjungannya ke Trenggalek, Jokowi bahkan menyebut durian terenak yang pernah dinikmati.

Menurut Jokowi, rasa durian Ripto manisnya pas dan tidak membuat enek.

  1. Durian Kawuk

Durian Kawuk ini mencuat setelah dipromosikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Asalnya dari Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Madiun.

Durian ini adalah juara festival durian pda 2019. Tekstur dan rasanya sudah pasti juga juara.

  1. Durian Gencono

Durian Gencono tumbuh subur di lereng Gunung Semeru, tepatnya di desa Jambe Kumbu kecamatan Pasru Jambe Lumajang. Kelebihan durian ini dengan yang lainnya adalah dagingnya lebih tebal, rasanya manis pahit, dan legit.

Apalagi duriannya masak pohon sehingga kualitasnya terjamin. Kualitasnya tak perlu diragukan karena durian yang dijual ini merupakan buah masak pohon.

Nah, jangan lupa kalau berkunjung ke Lumajang, tak ada salahnya mencoba durian ini.

  1. Durian Kanjeng

Durian ini merupakan salah satu produk unggulan masyarakat di Kecamatan Ngebel, Ponorogo. Durian ini merupakan hasil persilangan dari para petani setempat.

Durian merupakan salah satu produk unggulan masyarakat di 8 desa yang ada di Kecamatan Ngebel. Total ada 6.287 pohon durian milik masyarakat di kecamatan tersebut.

Ada tiga jenis durian Kanjeng yang dibudidayakan para petani yakni Kanjeng Putih, Kanjeng Hijau dan Kanjeng Montong. Jenis-jenis durian tersebut merupakan racikan para petani yang sengaja menyilangkan tanaman duriannya demi mendapatkan rasa baru.

  1. Durian Bido

Berasal dari penghasil durian di Jombang. Durian ini merupakan salah satu unggulan dari Kecamatan Wonosalam. Durian Bido mempunyai keunggulan kulit tipis, biji kecil, tapi berdaging tebal.

Pesta durian selalu digelar di lapangan Kecamatan Wonosalam setiap tahunnya. Di kecamatan ini, Bido selalu menjadi unggulan dan dijadikan gunungan durian.

  1. Durian Mlancu

Durian Mlancu, Kandangan ini dikenal memiliki rasa yang cukup legit, manis dan unik, karena lengket di lidah saat dimakan. Hampir mirip seperti dodol (jenang).

Desa Mlancu sendiri adalah nama desa asal durian ini. Desa ini merupakan desa terpencil di paling ujung timur Kabupaten Kediri berbatasan dengan Kabupaten Malang dan Jombang.

  1. Durian Gipat

Durian ini sangat langka. Karena pohon durian ini hanya baru dibudidayakan di lereng Gunung Kelud, Malang.

Durian Gipat ini bercirikan berdaging buah tebal dan biji buahnya hanya seukuran kismis. Durian ini sempat menyabet sebagai juara durian nasional.

  1. Durian Rosulin

Durian ini berasal dari Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Sedangkan namanya disesuaikan dengan petaninya yakni Rosulin.

Keistimewaan durian ini adalah ukurannya yang besar dibandingkan dengan durian lainnya. Bobotnya durian Rosulin ini bisa mencapai 9,5 kg.

Yang istimewa dari durian rosulin ini, selain dagingnya tebal dengan biji kecil, diyakini mampu menambah vitalitas bagi kaum pria. DETIK

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Dr. Tjoetjoe: Kongres IV KAI Tempat Reuni & Berkumpul AdvoKAI se-Indonesia
May 22, 2024
RDP Pimpinan Se-Indonesia, Pengurus Daerah Solid Dukung Sistem Presidium Gantikan Sistem Presidensil di KAI
May 22, 2024
aldwin rahadian megantara vice president kongres advokat indonesia
Ciptakan OA yang Kondusif, DPP KAI Gelar RDP Bahas Sistem Kepemimpinan Presidium
May 22, 2024
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024