Mengabaikan Peringatan karena Perbuatan Tercela, Jaksa di NTT Akhirnya Kena OTT - Kongres Advokat Indonesia

Mengabaikan Peringatan karena Perbuatan Tercela, Jaksa di NTT Akhirnya Kena OTT

Satuan Tugas (Satgas) 53 Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menangkap seorang jaksa yang bertugas di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sang jaksa padahal sudah diperingatkan sebelumnya.

Oknum jaksa itu adalah Kundrat Mantolas (KM). Ia ditangkap pada Senin (20/12/2021) malam.

“Tidak benar (KPK lakukan OTT ke jaksa di NTT). Yang benar ada jaksa yang diamankan oleh Satuan Tugas 53 Kejaksaan Agung,” ujar Kasi Penkum Kejati NTT Abdul Hakim saat dimintai konfirmasi, Selasa (21/12).

Abdul menjelaskan, oknum jaksa itu berdinas di Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT. Jaksa tersebut ditangkap karena diduga melakukan perbuatan tercela.

“Karena adanya dugaan perbuatan tercela. Iya jaksa dari Kejati NTT,” katanya.

1.Ditangkap bersama pengusaha

Selain oknum jaksa, satu pengusaha di NTT ditangkap Satgas 53 Kejagung. Mereka ditangkap karena perbuatan tercela.

“Tim Satgas 53 Kejaksaan Agung telah mengamankan 1 jaksa pada Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur dan 1 pengusaha terkait perbuatan tercela yang dilakukan,” ungkap Abdul.

2.OOT dapat izin Kepala Kejati NTT

Abdul menjelaskan, OTT terhadap oknum jaksa itu sudah diizinkan oleh Kepala Kejati NTT. Apalagi Kundrat sudah diberi peringatan untuk tidak mengulangi perbuatan tercelanya lagi sebelum dilakukan OTT.

“Pengamanan oleh tim Satgas 53 atas sepengetahuan dan seizin Kepala Kejaksaan Tinggi NTT karena yang bersangkutan telah diberi peringatan untuk tidak melakukan perbuatan tercela tersebut,” lanjutnya.

3.Peringatan diabaikan

Lebih lanjut, kata Abdul, peringatan yang diberikan kepada oknum jaksa itu justru diabaikan. Satgas 53 Kejagung pun melakukan penangkapan dan langsung membawanya ke Jakarta hari ini.

“Namun (peringatan) tidak diindahkan sehingga Kepala Kejaksaan Tinggi memberikan izin untuk mengamankan yang bersangkutan dan langsung dibawa ke Jakarta pada hari ini untuk diambil keterangannya,” imbuh Abdul.

4.Penyidik Kejati NTT

Kundrat saat ini menduduki posisi sebagai Kasi Penyidikan Kejati NTT. Kundrat Mantolas sendiri langsung dibawa ke Jakarta hari ini. Dia akan dimintai keterangan lebih lanjut. DETIK

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024