Survei SMRC: 77 Persen Responden Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi - Kongres Advokat Indonesia
presiden-jokowi

Survei SMRC: 77 Persen Responden Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Hasil lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, mayoritas warga atau responden survei mengaku puas dengan kerja Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas saat memaparkan temuan survei terkait kinerja pemerintah. “Kita menemukan, mayoritas warga 77 persen, mengaku sangat atau cukup puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

Yang kurang atau tidak puas itu sebanyak 22,3 persen, dan yang tidak menjawab hanya 0,6 persen,” kata Sirojudin dalam rilis SMRC yang ditayangkan secara daring, Kamis (1/4/2021).

Adapun temuan survei tersebut berdasarkan pertanyaan yang dilakukan kepada 1.064 responden dengan usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Pertanyaan yang diajukan kepada responden dalam hal ini yaitu apakah sejauh ini ibu atau bapak sangat puas, cukup puas, kurang puas, atau tidak puas sama sekali dengan kerja Presiden Joko Widodo.

Dari hasil temuan, terungkap bahwa sebanyak 16,5 persen mengaku sangat puas, 60,5 persen cukup puas, 19,9 persen kurang puas, 2,4 persen tidak puas sama sekali, dan 0,6 persen tidak menjawab.

“Kalau kita lihat trennya, maka sebetulnya dari Januari 2019 sampai Maret 2021, itu menunjukkan peningkatan terhadap kepuasan atas kinerja Presiden Jokowi,” ucapnya.

Ia memaparkan, dari Januari 2019 hingga Maret 2021 menunjukkan peningkatan terhadap responden yang mengaku sangat atau cukup puas terhadap Jokowi.

Peningkatan yang cukup drastis, lanjutnya, terjadi pada periode Oktober 2020 sampai Maret 2021 yaitu sebanyak 8 persen dari 69 persen menjadi 77 persen. “Jadi kalau kita tarik dari Januari 2019 sampai Maret 2021, kepuasan atas kinerja Presiden Jokowi, trennya justru meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, tren tidak puas atau kurang puas terhadap kinerja Presiden Jokowi justru mengalami penurunan dari Januari 2019 sampai Maret 2021. Adapun penurunan tersebut sebanyak 6 persen dari 28 persen menjadi 22 persen yang mengaku kurang atau tidak puas. KOMPAS

Leave a Reply