Deretan Pemakaman Elite di Indonesia, Harganya Sampai Miliaran Rupiah

Deretan Pemakaman Elite di Indonesia, Harganya Sampai Miliaran Rupiah

Merdeka.com – Areal pemakaman di Indonesia ada yang memiliki ‘kelas VIP’. Harganya pun sangat mahal. Bahkan harga-harganya ada yang menembus ratusan juta hingga miliaran rupiah. Wajar saja, karena ada banyak tipe-tipe tanah makam yang disediakan dan pemandangan taman makam yang indah.

Menggunakan tanah makam ini juga tak sembarang. Biasanya seseorang harus memesan tanah makam terlebih dahulu jauh-jauh hari.

Bukan orang sembarang yang bisa ‘menempati’ pemakaman-pemakaman elite ini. Sebab, tarifnya yang fantastis pastinya hanya bisa dipenuhi oleh kalangan berduit. Berikut pemakaman-pemakaman dengan harga fantastis yang digunakan oleh para pengusaha hingga artis-artis terkenal:

San Diego Hills


San Diego Hills menjadi salah satu Tempat Pemakaman Umum (TPU) termahal yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Bahkan harga pemakamannya mencapai miliaran rupiah. Menurut salah satu marketing pemakaman San Diego Hills, Sindra, biaya pemesanan lahan, biaya penguburan dan biaya nisan berbeda, pada 2012. Harga lahan di sana juga berbeda-beda, tergantung lokasi atau mention.

Ada sejumlah tipe di TPU San Diego Hills. Untuk tipe single burial ada 2 macam jenis paket. Paket dan nonpaket tergantung dengan tipe dan area. Harga pemakaman tipe ini mulai dari 37 juta hingga 84 jutaan rupiah.

Sama halnya dengan tipe single burial, tipe ini juga tergantung dari tipe dan area yang dipilih. Tipe semi private kisaran harga mulai Rp224 juta-Rp457 jutaan.

Sedangkan untuk tipe private harga yang dipatok sebesar Rp650 juta-Rp1,7 miliar dan untuk tipe peak estate seharga mulai Rp4 miliar.

TPU Al Azhar


Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar ikut mengembangkan layanan makam elite. Target mereka tentu orang Islam kaya yang ingin dimakamkan secara syariah dengan pelayanan nomor wahid. Dikutip dari situs resmi Al Azhar, TPU ini terbentang seluas 25 hektare di wilayah Karawang Timur. Al-Azhar Memorial Garden siap menampung sekitar 29.000 ribu jenazah muslim dari wilayah Jabodetabek, Karawang, Cikarang, Bandung, dan sekitarnya.

Harga TPU Al Azhar tergantung tipe. Untuk tipe single seharga Rp38.800.000. Tipe Double seharga Rp118.000.000. Tipe Super Double seharga Rp235.400.000. Tipe Family A seharga Rp227.400.000. Tipe Family B seharga Rp355.700.000. Tipe Super Family A seharga Rp452.700.000. Tipe Super Family B seharga Rp827.800.000.

Heaven


Taman pemakaman Heaven berada di Tangerang, Banten dan juga di Bogor, Jawa Barat. Taman pemakaman ini memiliki harga berbeda, tergantung tipenya. Untuk lahan ukuran Single seharga Rp27.360.000. Kemudian ada paket Gold-Gold seharga Rp35,9 juta dan paket Platinum seharga Rp39,9 juta.

Dikutip dari laman Heaven, Heaven Memorial Park Dibangun pada tahun 2002, di area pemakaman seluas 125 hektare di Bogor, Jawa Barat. Kemudian Heaven Memorial Garden terletak di Tangerang, Banten.

Gunung Gadung


Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gunung Gadung di Cipaku, Kota Bogor begitu kesohor di kalangan etnis Tionghoa. TPU ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Luas totalnya mencapai 120 hektare. TPU ini dikenal hanya untuk kalangan golongan elite.

Di TPU Gunung Gadung ada 5 yayasan yang biasa melayani jasa pemakaman. Salah satu yayasan adalah Sami Asih yang kini dikelola oleh Mukhtar. Mukhtar generasi kedua yang mengelola jasa pemakaman. Mukhtar mengatakan bahwa orang-orang yang dimakamkan di TPU Gunung Gadung bukan cuma asal Bogor, tetapi dari juga luar kota. Konglomerat besar seperti, Sampoerna grup, Djarum, Indofood, dan lainnya memiliki kavling di Gunung Gadung.

Pada 2017, per meter harga tanah di TPU ini berkisar Rp1 juta bahkan ada yang lebih. Lokasi semakin bagus harga semakin mahal. Itu belum termasuk izin dan bangunan. “Biasanya makam yang ukuran 4 x 4 meter beserta bangunan itu harga standarnya Rp50 juta,” ujar Mukhtar.

Baca juga : Diskresi Hukum Bagi Rakyat Kecil, Jaksa Agung Dinilai Kembalikan Roh Hukum

1 Response

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024