DPR Minta Jokowi Pilih Orang Berpengalaman Bidang Hukum Jadi Dewas KPK

DPR Minta Jokowi Pilih Orang Berpengalaman Bidang Hukum Jadi Dewas KPK

Jakarta, detik.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memilih langsung Dewan Pengawas (Dewas) KPK untuk pertama kalinya. Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meminta Jokowi menunjuk orang yang berpengalaman di bidang hukum.

“Cari orang yang berpengalaman di bidang hukum, punya experience di bidang hukum. Bisa saja mantan KPK, bisa saja mantan komisioner, tentu punya pengetahuan dan experience dan pengalaman yang cukup di bidang hukum,” kata Azis di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019.

Azis tak mempermasalahkan jika nantinya Dewas KPK diisi orang-orang dari partai politik asal dinilai berkompeten dan berpengalaman. Ia mengatakan tak ada pembatasan latar belakang Dewas KPK.

“Sepanjang punya pengalaman, experience, dan punya akuntabilitas yang cukup dalam dunia hukum, dan bisa menganalisis daripada UU tersebut,” ujar Azis.

Dia meminta semua pihak mengawasi proses pemilihan Dewas KPK untuk menghindari konflik kepentingan. Menurutnya, UU Nomor 19/2019 tentang KPK sudah mengatur proses pemilihan anggota Dewas.

“Kita harus menjaga, seluruh elemen masyarakat, seluruh komponen bangsa harus menjaga, tidak ada conflict of interest di dalam penunjukan dalam hal pelaksanaan UU. Sudah diatur di UU, (Dewas) ditunjuk oleh pemerintah,” tegasnya.

Baca Juga : Melly Goeslaw : Korban Bullying Harus Speak Up

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023