Sidang Tuntutan Joko Driyono Kasus Mafia Bola Digelar Siang Ini
Sidang Tuntutan Joko Driyono Kasus Mafia Bola Digelar Siang Ini

Sidang Tuntutan Joko Driyono Kasus Mafia Bola Digelar Siang Ini

tirto.id – Sidang tuntutan terdakwa Joko Driyono dalam kasus penghilangan dan perusakan barang bukti terkait kasus dugaan pengaturan skor sepak bola di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan digelar hari ini, Selasa (7/2/2019).

“Ya, kata jaksanya sih pukul 14.00 WIB,” ujar kuasa hukum Joko Driyono, Mustofa Abidin saat dihubungi Antara, Senin (1/7/2019) malam.

Mustofa mengatakan apabila mengamati perkembangan jalannya sidang selama ini, dirinya memprediksi jaksa penuntut umum (JPU) dalam tuntutannya tetap akan pada pendirian awal dengan menyatakan bahwa dakwaan yang dituduhkan telah terbukti dan Joko Driyono dinyatakan bersalah.

“Kalau dari posisi JPU pasti menyatakan dakwaannya terbukti dan terdakwa bersalah,” kata dia.

Meski demikian, dia menilai dakwaan yang disampaikan oleh jaksa hingga kini belum ada yang dapat dibuktikan secara sah dan meyakinkan. Oleh karena itu, Mustofa pun mengaku telah menyiapkan pledoi atau nota pembelaan yang akan dibacakan pada sidang berikutnya.

“Tapi pastinya kita masih harus melihat tuntutan JPU besok [hari ini],” ucap Mustofa.

Mustofa menambahkan saat ini kondisi Joko Driyono dalam keadaan baik dan siap untuk hadir mendengarkan sidang tuntutan yang akan dibacakan oleh JPU.

Sebelumnya, sidang pembacaan tuntutan kasus Joko Driyono ini dijadwalakan untuk dibacakan pada Kamis (27/6/2019) lalu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Jokdri terseret dalam kasus perusakan barang bukti bermula dari keterlibatannya sebagai aktor intelektual di balik pengambilan dokumen serta perusakan CCTV di kantor PT Liga Indonesia yang disegel Satgas Antimafia Bola, Kamis 31 Januari 2019.

Kejadian tersebut membuatnya beberapa kali diperiksa oleh Satgas Antimafia Bola hingga pada akhirnya ditersangkakan. Dalam kasus perusakan barang bukti dugaan pengaturan skor, Jokdri didakwa dengan tiga kemungkinan pasal.

Antara lain Pasal 363 ayat (1) KUHP poin ke-3 dan ke-4; Pasal 235 juncto Pasal 231 juncto pasal 55 ayat (1) KUHP, subsidiair Pasal 232 juncto Pasal 235 juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP; dan Pasal 221 ayat (1) ke-2 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1.

Baca Juga : YLBHI Rilis Koreksi Kinerja Polri Dalam Penegakan Hukum

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024