Penyidikan Novel Baswedan, Polda Metro Peringatkan Kuasa Hukum
Penyidikan Novel Baswedan, Polda Metro Peringatkan Kuasa Hukum

Penyidikan Novel Baswedan, Polda Metro Peringatkan Kuasa Hukum

TEMPO.CO, Jakarta – Polda Metro Jaya menanggapi dugaan keterlibatan polisi dalam teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Dugaan disebut anggota tim kuasa hukum Novel yang mengeluhkan terus berlarutnya penyelidikan kasus teror tersebut.

Tanggapan disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono. Dia meminta adanya bukti untuk dugaan keterlibatan polisi.

“Tidak boleh berasumsi dan berprasangka yang tidak ada data dan fakta karena bisa menimbulkan fitnah,” kata Argo lewat pesan pendek, Kamis 20 Juni 2019.

Sebelumnya, tim kuasa hukum Novel Baswedan kembali menyebut dugaan keterlibatan polisi. Pernyataan disampaikan bertepatan dengan usia 800 hari penyelidikan pada hari ini.

“Bulan lalu ada konfirmasi dari satu anggota tim gabungan, bahwa kuat dugaan keterlibatan oknum anggota kepolisian dalam kasus kekerasan terhadap Novel Baswedan,” kata Alghiffari Aqsa di kantor KPK.

Alghif mengatakan, selama dua tahun terakhir proses penyelidikan, pelaku tindak kekerasan selalu mengarah kepada preman maupun kelompok yang disebut Mata Elang. Tim kuasa hukum bahkan menduga adanya keterlibatan jenderal.

“Tapi entah itu ditutupi dan selama ini tidak terungkap mengenai keterlibatan anggota kepolisian,” katanya.

Polri sudah bolak-balik membantah jika korpsnya dikaitkan dengan penyerangan terhadap Novel. Polisi menyebut mereka serius menangani perkara tersebut. Hari ini, tim gabungan Polri memeriksa Novel Baswedan di Gedung KPK.

Baca Juga : Identitas Saksi Prabowo Tersebar: Langgar Hukum & Rugikan Peradilan

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024