AS Peringatkan Keamanan Warganya di RI, Istana: 22 Mei Aman
AS Peringatkan Keamanan Warganya di RI, Istana: 22 Mei Aman

AS Peringatkan Keamanan Warganya di RI, Istana: 22 Mei Aman

Jakarta, detik.com – Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia merilis peringatan untuk warganya supaya memperhatikan keamanan pada 22 Mei 2019 atau hari pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019. Menanggapi hal tersebut, pihak Istana Kepresidenan menegaskan Indonesia dalam kondisi aman.

“Kondisi Indonesia tanggal 22 Mei saat pengumuman hasil Pemilu 2019 diprediksi aman,” kata Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP), Jaleswari Pramodhawardhani, kepada wartawan, Sabtu (18/5/2019).

Dani, begitu dia disapa, merupakan Deputi KSP yang membidangi Kajian Politik dan Pengelolaan Isu-isu Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan HAM. Jaminan keamanan Indonesia pada 22 Mei didasarkan Dani pada keterangan TNI dan Polri.

“Jika pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan peringatan agar warga negaranya berhati-hati pada tanggal tersebut, normal saja, mengingat pemberitaan media tentang aksi people power yang marak akhir-akhir ini. Kehati-hatian tetap perlu untuk semua warga, bukan hanya warga Amerika Serikat saja,” kata Dani.

Dikatakannya, pemerintah menjamin akan menindak tegas siapapun yang bikin kerusuhan dan melanggar aturan. Ini bukan pengekangan terhadap kebebasan berekspresi, melainkan merupakan aturan yang harus dipatuhi.

“Pemerintah menjamin akan menindak tegas, siapa pun yang akan membuat kerusuhan dan bergerak di luar koridor hukum. Harus bisa dibedakan antara kebebasan berekspresi yg dijamin konstitusi yang juga memiliki batasan tertentu, yaitu tetap menghargai hak asasi manusia (HAM) dan memperhatikan persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Dani.

Sebelumnya, Kedutaan Besar AS di Indonesia mengeluarkan peringatan keamanan menjelang 22 Mei 2019. Peringatan itu terkait pengumuman hasil Pemilu 2019. Peringatan dirilis situs resmi Kedubes AS, 17 Mei 2019.

Ada sejumlah tindakan yang disarankan oleh Kedubes AS bagi warga AS yang ada di Indonesia, yaitu:

– Hindari area tempat demonstrasi atau demonstrasi politik terjadi dan berhati-hati jika berada di sekitar pertemuan besar;
– Tetap mengikuti liputan media tentang peristiwa lokal, waspadai lingkungan sekitar, dan praktikkan kesadaran keamanan pribadi setiap saat;
– Daftarkan diri Anda dalam Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk menerima pembaruan keamanan;
– Ikuti (informasi) Konsulat Jenderal AS di Surabaya di Twitter dan Facebook dan Kedutaan Besar AS di Jakarta di Twitter dan Facebook.

Baca Juga : Polri Imbau Masyarakat Tak Turun Ke Jalan Pada 22 Mei

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024