Solusi UI Ingatkan Penegakan Hukum Harus Adil dan Transparan
Solusi UI Ingatkan Penegakan Hukum Harus Adil dan Transparan

Solusi UI Ingatkan Penegakan Hukum Harus Adil dan Transparan

JAKARTA, sindonews.com – Aparat keamanan dan penegak hukum diimbau untuk tetap menjaga kondisi keamanan dan kedamaian agar Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang tinggal menghitung bulan ini berjalan damai dan kondusif.

Salah satu caranya adalah melalui penegakkan hukum yang adil, transparan dan tidak berat sebelah.

Hal itu diungkapkan perkumpulan profesional muslim alumni Universitas Indonesia yang tergabung dalam Solidaritas Muslim Alumni Universitas Indonesia (Solusi UI) menyikapi pemeriksaan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak.

“Pemeriksaan aparat penegak hukum terhadap Ketua Pemuda Muhammadiyah yang juga Koordinator Juru Bicara Tim Capres Prabowo Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam kasus dana kemah pemuda itu adalah bentuk ketidakadilan dalam penegakan hukum,” tutur Ketua Umum Solusi UI, Sabrun Jamil dalam keterangan pers, Rabu (28/11/2018)

Seperti diketahui, Dahnil Anzar diperiksa aparat penegak hukum karena disinyalir melakukan penyalahgunaan dana kemah pemuda yang dikucurkan Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) sebesar Rp2 miliar pada tahun 2017.

Selain Pemuda Muhammadiah yang dipimpin Dahnil Anzar Somanjuntak, dana kemah Pemuda juga dikucurkan kepada Gerakan Pemuda Anshor sebesar Rp3 miliar. Sabrun berpendapat seharusnya pemeriksaan juga dilakukan terhadap GP Ansor dan pejabat Kemenpora.

Ketua Dewan Pendiri Solusi UI, Andy Azisi Amin mengimbau aparat penegak hukum untuk bersikap adil dengan memeriksa semua pihak dalam persoalan ini.

“Lakukan pemanggilan dan pemeriksaan yang sama, baik terhadap Ketua Umum Pemuda Muhammadiah, Ketua Umum GP Ansor, pihak Kemenpora dan pihak pelapor,” kata Andy.

Ketua Divisi Hukum Solusi UI Feizal Syahmenan mengingatkan seluruh aparat penegak hukum untuk bekerja profesional.

“Pemeriksaan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah dalam tingkat penyidikan pun terasa janggal karena belum pernah diketahui adanya pemeriksaan apa pun sebelumnya dalam tingkat penyelidikan,” tuturnya.

Dia juga mengaku setuju dengan pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) agar pemeriksaan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah itu dilakukan secara transparan.

Baca Juga : OTT KPK: KPK Ciduk Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Melalui Operasi Tangkap Tangan

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024