Sebulan Uji Coba, Ini Evaluasi Polisi Terkait Tilang Elektronik
Sebulan Uji Coba, Ini Evaluasi Polisi Terkait Tilang Elektronik

Sebulan Uji Coba, Ini Evaluasi Polisi Terkait Tilang Elektronik

Jakarta, Detik.com – Sistem tilang elektronik atau e-TLE (electronic traffic law enforcement) di ruas Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, sudah diuji coba selama hampir satu bulan. Ada beberapa catatan yang dievaluasi polisi mengenai pelaksanaan uji coba sistem tersebut.

“Itu masalah teknis aja ya, alat saja. Misalnya lho kenapa seperti ini, ada hambatan apa. Oh ini perlu di, konekkan dengan ini. IT lah ya,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Menurut Yusuf, pelaksanaan tilang elektronik itu tidak bermasalah dari segi aturan. Dia sudah berkonsultasi dengan sejumlah pakar hukum mengenai payung hukum sistem tersebut.

“Kan sudah jelas dijelaskan oleh pakar hukum itu, UU IT-nya udah kena, UU lalin ada, dalam perkap juga jalan, masalah pemblokiran, ada semua. Nggak ada masalah kalau secara hukum,” ujarnya.

Dia juga berencana menambah CCTV di sejumlah ruas jalan lain di Jakarta. Pemasangan CCTV itu akan disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki polisi.

“Kami kan menyesuaikan dengan anggaran dinas juga kan. Sudah kami rencanakan ada berapa puluh. Nanti mana yang disetujui nanti kami sampaikan,” ujarnya.

Uji coba sistem tilang elektronik ini dilakukan selama obulan Oktober dengan empat CCTV yang terpasang di Bundaran Patung Kuda dan Sarinah. Rencananya polisi akan melakukan penindakan mulai tanggal 1 November 2018.

Baca Juga : Penuhi Panggilan KPK, CEO Lippo Grup James Riady Diam Seribu Bahasa

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024