PAHAM Bantu Layanan Hukum Gratis di PA Denpasar
PAHAM Bantu Layanan Hukum Gratis di PA Denpasar

PAHAM Bantu Layanan Hukum Gratis di PA Denpasar

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR — Para pihak berperkara di Pengadilan Agama (PA) Denpasar bisa mendapatkan layanan hukum cuma-cuma di Pos Pelayanan Hukum (Posyankum) setempat. Layanan diberikan dengan menggandeng Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pusat Advokasi Hukum dan Hak Azasi Manusia (PAHAM) Cabang Bali.

“Layanan hukum gratis ini diberikan sesuai amanat undang-undang (UU), khususnya UU Nomor 6/ 2011 tentang Bantuan Hukum,” kata Ketua Pengadilan Agama Denpasar, Ketut Imaduddin Djamal dalam rilis tertulis, Kamis (8/3).

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) layanan hukum ini telah dilangsungkan di Kantor Pengadilan Agama Denpasar, Rabu (7/3), dihadiri juga Direktur PAHAM Cabang Bali, Ahmad Baraas dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Denpasar, Muhamad Camuda. Para hakim dan pejabat setempat turut hadir menyaksikan.

Imaduddin mengatakan Pengadilan Agama Denpasar berkomitmen memberikan layanan hukum yang murah dan mudah kepada masyarakat. Pengadilan Agama Denpasar terus berinovasi memberi pelayanan kepada masyarakat.

Pelayanan prima kepada para pencari keadilan juga diberikan dalam bentuk aplikasi Media Gugatan Mandiri (MGM). Ini adalah media di mana pencari keadilan bisa mengetik sendiri naskah gugatannya dengan mengisi formulir yang sudah disiapkan Pengadilan Agama Denpasar, berupa perangkat komputer.

“Orang yang ke pengadilan pastinya punya problem, sehingga kita bantu untuk meringankan beban mereka, salah satunya memberi pelayanan hukum yang murah, mudah, bahkan gratis,” kata Imaduddin.

Ahmad Baraas menambahkan kerja sama pelayanan hukum gratis PAHAM Cabang Bali dan Pengadilan Agama Denpasar merupakan komitmen lembaga membantu masyarakat mendapatkan bantuan hukum sehingga hak-hak hukumnya bisa terlindungi. PAHAM Cabang Bali sebelumnya telah meluncurkan bantuan layanan hukum cuma-cuma kepada kaum miskin.

“Mereka cukup membawa keterangan dari takmir masjid lingkungannya yang menjelaskan mereka tidak mampu secara ekonomi,” kata Baraas.

Pengadilan Agama Denpasar juga menjalin kerja sama dengan RRI Denpasar terkait pemanggilan para pihak dalam perkara goib. Mitra lainnya adalah BRI Syariah Cabang Denpasar terkait pembayaran panjar perkara.

Baca juga : Terganjal UU, Komisi Yudisial Kesulitan Merekrut Hakim Pajak

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024