Istri Wali Kota Padang Panjang Segera Disidang terkait kasusnya
Istri Wali Kota Padang Panjang Segera Disidang

Istri Wali Kota Padang Panjang Segera Disidang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Padang, Sumatera Barat mengeluarkan penetapan jadwal sidang untuk kasus dugaan korupsi Anggaran Rumah Tangga (ART) yang menjerat nama istri Wali Kota Padang Panjang, Maria Feronika sebagai tersangka.

“Hari ini ketua pengadilan telah mengeluarkan penetapan untuk kasus ini, sidang perdana akan digelar pada Kamis (25/1),” kata Panitera Muda Tipikor Pengadilan Padang, Rimson Situmorang di Padang, Rabu (17/1).

Selain Maria Feronika, juga terdapat tersangka lain yang ikut ditahan dalam kasus itu yaitu Rici Lima Saza. Majelis hakim yang ditunjuk untuk menyidangkan perkara itu diketuai R Ari Muladi, dengan hakim anggota Sri Hartati, dan Zalekha.

Sidang perdana akan digelar dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum terhadap terdakwa. Sementara Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Padang Ekky mengatakan berkas kasus itu dilimpahkan oleh jaksa ke pengadilan pada Selasa (16/1).

“Setelah surat dakwaan dirampungkan oleh lima Jaksa Penuntut Umum (JPU), berkasnya kami limpahkan kemaren. Selanjutnya kami fokus untuk melakukan pembuktian di sidang,” katanya.

Kasus yang menjerat kedua tersangka itu adalah dugaan korupsi anggaran lingkungan rumah dinas Wali Kota Padang Panjang tahun anggaran 2014-2015. Kerugian keuangan negara dalam kasus itu disebut jaksa sebesar Rp160 juta lebih, dengan modus pembayaran gaji pekerja di rumah dinas yang fiktif.

“Kami tidak bisa menyebutkan secara rinci, intinya pekerja tidak ada, tapi pembayaran tetap dilakukan. Detailnya nanti di persidangan,” katanya.

Tersangka Rici Lima Saza dijerat dengan pasal 2, pasal 3 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. Sementara Maria Feronika dijerat dengan pasal yang sama, namun ditambah dengan Undang’undang Tindak Pencucian Uang (TPPU). Jaksa melakukan penahanan badan terhadap kedua tersangka, dan sekarang ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Anak Air Padang.

Baca Juga : KY Rekomendasikan 58 Hakim Dijatuhi Sanksi

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024