OTT Bupati HST, KPK Geledah 4 Lokasi Termasuk Kantor Bupati
OTT Bupati HST, KPK Geledah 4 Lokasi Termasuk Kantor Bupati

OTT Bupati HST, KPK Geledah 4 Lokasi Termasuk Kantor Bupati

DETIK.COM, Jakarta – KPK langsung bergerak melakukan penggeledahan sehari pascapenetapan status tersangka Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), Abdul Latif. Ada empat lokasi yang digeledah hari ini.

“Sejak siang tadi tim langsung bergerak lakukan penggeledahan di 4 lokasi di Kabupaten HST, yaitu kantor pribadi bupati, kantor bupati, rumah dinas bupati, dan RSUD Damanhuri,” ungkap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Sabtu (6/1/2018).

Beberapa dokumen juga telah disita. Disebutkan Febri, ada dokumen-dokumen proyek dan pencairan dana serta dokumen perusahaan.

Kemarin (5/1), KPK telah memasang KPK line untuk mengamankan 8 mobil mewah di rumah dinas bupati, yang antara lain produksi BMW, Lexus, Cadillac, Rubicon, Hummer, dan Vellfire. Hari ini juga penyidik KPK sedang mendalami mobil mewah tersebut.

“Sedangkan sejumlah mobil mewah yang ditemukan di garasi rumah bupati, tim sedang mencermati di lapangan,” imbuh Febri lagi.

Dalam kasus ini, Latif diduga menerima suap bersama dengan 2 orang lainnya yaitu Fauzan Rifani selaku Ketua Kadin HST Kalsel dan Abdul Basit selaku Direktur PT Sugriwa Agung. Sedangkan pemberi suap adalah Donny Witono selaku Direktur Utama PT Menara Agung.

Pemberian suap itu diduga terkait pembangunan ruang kelas I, kelas II, VIP dan Super VIP di RSUD Damanhuri. Dugaan commitment fee proyek ini adalah 7,5 persen atau sekitar Rp 3,6 miliar.

Barang bukti yang diamankan KPK yaitu rekening koran atas nama PT Sugriwa Agung dengan saldo Rp 1,825 miliar dan Rp 1,8 miliar; uang dari brankas di rumah dinas Latif sebesar Rp 65.650.000; dan uang dari tas Latif sebesar Rp 35 juta.

Baca JUga : Menteri Yohana Minta Aparat Tindak Tegas Pelaku Sodomi Anak

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024
Ribuan Advokat Padati Edutorium UMS Ahmad Dahlan untuk Kongres IV KAI
June 8, 2024
Dr. Heru Notonegoro: Ribuan Advokat akan Padati Solo Hadiri Kongres IV KAI 2024
June 7, 2024