KPK Telah Siapkan Jawaban Eksepsi Setya Novanto
Hakim Tanya Andi Narogong: Novanto Tagih 5 Persen untuk Dipenuhi?

KPK Telah Siapkan Jawaban Eksepsi Setya Novanto

TEMPO.CO, Jakarta – Jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyiapkan jawaban atas eksepsi atau keberatan Setya Novanto. Jawaban itu akan disampaikan dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Desember 2017.

“Kami sudah siapkan jawaban eksepsi yang akan disampaikan nanti di persidangan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha saat dihubungi, Selasa, 26 Desember 2017.

Meski begitu, Priharsa tak menjelaskan apakah jawaban eksepsi telah rampung. Dia juga tak banyak berkomentar apakah jaksa memasukkan vonis terhadap Andi Agustinus atau Andi Narogong ke jawaban eksepsi. “He-he-he. Tunggu saja Kamis besok di persidangan, ya,” ujarnya.

Andi Narogong dinyatakan bersalah dan terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik atau (e-KTP) secara bersama-sama. Karena itu, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara dan denda Rp 1,1 miliar subsider enam bulan kurungan penjara. Keputusan itu dibacakan pada Kamis, 21 Desember 2017.

Adapun Wakil Ketua KPK Laode Syarif berharap vonis terhadap Andi dapat meyakinkan hakim untuk menolak eksepsi Setya. KPK, kata dia, tak mempersiapkan hal khusus dalam menghadapi sidang lanjutan Setya. Sebab, sidang mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu dianggap sama dengan sidang koruptor lain.

Sidang perdana pokok perkara Setya telah berjalan pada 13 Desember 2017. Namun Setya mengajukan eksepsi atas dakwaan jaksa. Sidang pembacaan eksepsi pun digelar pada Rabu, 20 Desember 2017. Poin-poin keberatan yang disampaikan tim kuasa hukum Setya di antaranya ada penghilangan nama sejumlah politikus, isi dakwaan yang tidak jelas, dan kejanggalan jumlah kerugian keuangan negara.

Baca Juga : Pengacara Duga Pencegahan Ustaz Somad karena Informasi Hoaks

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024