Presiden KAI Tegaskan Menentang Wacana Pembekuan KPK Oleh Pansus DPR

Presiden KAI Tegaskan Menentang Wacana Pembekuan KPK Oleh Pansus DPR

KPK dipersimpangan jalan, DPR di jalan yang buntu.

Anggota panitia angket DPR RI terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta agar lembaga anti rasuah itu dinonaktifkan untuk sementara waktu. KPK harus dibenahi secara menyeluruh menurut mereka. KPK dinilai banyak melakukan pelanggaran terhadap undang-undangan dan peraturan internal mereka sendiri.

Mencermati hal tersebut, Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI) ADV. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, SH. MH. CLA. CIL. CLI. menegaskan bahwa saat ini kita masih sangat membutuhkan KPK. Meski mendukung KPK agar tetap eksis, namun Tjoetjoe juga menjelaskan kritik yang dilakukan DPR terhadap KPK sudah tepat. “Sebenarnya apa yang dilakukan DPR menurut saya benar, yaitu mengkritisi penyelenggaraan KPK, namun timingnya tidak tepat. Untuk mengkritisi KPK tidak harus melalui pansus. DPR bisa melakukannya melalui rapat-rapat dikomisi III. Dan waktunya mestinya dilakukan tidak pada saat KPK sedang gencar-gencarnya membongkar kasus e-KTP. Jadi tidak salah bila rakyat menganggap DPR melakukan manuver terhadap KPK,” terang Tjoetjoe.

“Untuk mengkritisi KPK, DPR bisa melakukan rapat-rapat di komisi dengan segenap stakeholder terkait, tidak harus dengan membentuk sebuah pansus angket,” katanya lagi.

“Saya rasa niat untuk membubarkan KPK sangat bertentangan dengan kehendak rakyat. Saya tentu menolak dan menentang sikap tersebut,” lanjut Tjoetjoe.

Mari kita lihat, rakyat akan lebih percaya pada DPR atau KPK?

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023