Siaran Pers Dewan Kehormatan Dareah Ad Hoc Kongres Advokat Indonesia DKI Jakarta - Kongres Advokat Indonesia

Siaran Pers Dewan Kehormatan Dareah Ad Hoc Kongres Advokat Indonesia DKI Jakarta

SIARAN PERS DEWAN KEHORMATAN DAERAH AD HOC KONGRES ADVOKAT INDONESIA DKI JAKARTA

Tanggal 25 September 2023 Dewan Kehormatan Daerah Ad Hoc Kongres Advokat Indonesia DKI Jakarta telah menyelenggarakan Sidang I secara hybrid (online dan offline) dalam perkara Nomor : 01/DK.JKT/VIII/2023, Majelis Kehormatan Daerah masing-masing:

  1. Dr. Umar Husin, SH., MH. (Ketua merangkap Anggota)
  2. Dr. St. Laksanto Utomo, SH., MH. (Anggota)
  3. Aldwin Rahadian M, SH., MAP. (Anggota)
  4. Diyah Sasanti R, SH., MH., MBA., M.Kn. (Anggota)
  5. Dr. Umbu Kabunang Rudi Yanto Hunga, SH., MH. (Anggota)

Dewan Kehormatan Daerah Ad Hoc Kongres Advokat Indonesia DKI Jakarta, masing-masing:

  1. Pheo Marojahan Hutabarat, SH. (Ketua sekaligus Anggota)
  2. Prof. Dr. Faisal Santiago, SH., MM. (Sekretaris sekaligus Anggota)
  3. IJP (P) Drs. Suedi Husein, SH. (Anggota)
  4. IJP (P) Drs. Kamil Razak, SH., MH. (Anggota)
  5. Dr. Umar Husin SH., MH. (Anggota)

telah mengundang secara patut Pengadu dalam hal ini 9 (sembilan) Hakim Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia serta Teradu dalam hal ini Adv. Prof. Denny Indrayana, SH., LLM., Ph.D. tertanggal 13 September 2023.

Ketua Majelis Kehormatan Daerah Dr. Umar Husin membuka Sidang I tertutup untuk umum, pada sidang I Pengadu tidak hadir sebagaimana Surat 4376/HK.08/09/2023 sedangkan Teradu hadir secara daring (on-line) dari Melbourne – Australia serta telah menunjuk 5 (lima) Penasihat untuk menghadiri Sidang secara luring sebanyak 5 orang dari 43 (empat puluh tiga) Penasihat Hukum.

“Tanggal 21 September 2023 9 (sembilan) Hakim Mahkamah Konstitusi telah mengirimkan surat Surat 4376/HK.08/09/2023 perihal Pemberitahuan Tidak dapat Menghadiri Persidangan menyampaikan bahwa sesuai Keptusan rapat Permusyawaratan Hakim Non-Perkara, Pengadu in casu 9 (sembilan) Hakim Konstitusi, tidak dapat hadir memenuhi panggilan Sidang dengan alasan yang sah, yakni pada Senin 25 September 2023 telah diagendakan Sidang Panel (yang dihadiri sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang hakim Konstitusi dan Sidang Pleno (yang dihadiri sekurang-kurangnya 7 (tujuh) orang Hakim Konstitusi) Mahkamah Konstitusi dalam perkara pengujian Undang-Undang Terhadap Undang-Undang Dasar 1945”, terang Ketua Dewan Kehormatan Ad Hoc Pheo M. Hutabarat.

“Oleh karena Pengadu tidak dapat hadir maka berdasarkan ketentuan Prosedur Sidang Kode Etik Advokat Kongres Advokat Indonesia maka sidang selanjutnya akan digelar paling lambat 14 (empat belas) hari sejak hari ini, dan Pengadu maupun Teradu akan dipanggil secara resmi oleh Dewan Kehormatan Daerah”, kata Dr. Umar Husin.

Sidang ini gelar oleh Dewan Kehormatan Daerah Kongres Advokat Indonesia DKI Jakarta berdasarkan Surat Pengaduan 9 (sembilan) Hakim Mahkamah Konstitusi Nomor : 2997/HK.09/07/2023 tertanggal 11 Juli 2023 perihal Pnegaduan Atas Dugaan Pelanggaran Kode Etik Advokat atas nama Advokat Prof. Denny Indrayana, SH., LLM., Ph.D.

2 Responses

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024