Polemik IDI Pecat Terawan, Presiden KAI: Organisasi Profesi Tak Seharusnya Tunggal - Kongres Advokat Indonesia
Tjoetjoe S Hernanto Presiden KAI

Polemik IDI Pecat Terawan, Presiden KAI: Organisasi Profesi Tak Seharusnya Tunggal

Polemik pemecatan dr.Terawan oleh induk organisasi kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terus berbuntut panjang memancing pro dan kontra. Dr.Terawan memang banyak menangani tokoh-tokoh nasional dan hampir semua memberikan “bintang” positif untuk eks menteri kesehatan tersebut.

Presiden Kongres Advokat Indonesia Adv. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto turut menyoroti isu yang sedang hangat ini. Tjoetjoe memberikan pandangan terkait organisasi profesi, yang mana ia juga memimpin sebuah organisasi profesi advokat. Menurut Tjoetjoe, organisasi profesi tidak boleh tunggal.

“Organisasi profesi tidak boleh berdiri tunggal, karena akan melahirkan kekuasaan yang absolut. Jika kekuasan telah absolut maka sangat rentan digunakan sebagai alat politik dalam organisasi,” tutur Tjoetjoe pada Selasa (5/4).

Beberapa tahun sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) memang menyatakan dan menguatkan bahwa Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai satu-satunya organisasi profesi kedokteran yang sah di Indonesia. Keputusan ini menjawab gugatan sejumlah dokter ke MK karena menganggap ada praktik monopoli yang dilakukan IDI dalam mengeluarkan sertifikasi profesi dokter.

Tjoetjoe lebih setuju organisasi profesi, apa pun bentuk profesinya bisa memiliki banyak organisasi dengan catatan memiliki satu standar kompetensi dan kode etik yang sama sehingga tidak terjadi politisasi pada organisasi profesi.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024