KAI Kembali Selenggarakan Gelombang ke-3 PKPA dan UKDPA

KAI Kembali Selenggarakan Gelombang ke-3 PKPA dan UKDPA

Bekerja sama dengan Polda Metro Jaya dan Universitas Esa Unggul, KAI kembali menyelenggarakan PKPA dan UKDPA Gelombang III.

Selama lima hari berturut-turut, yakni pada tanggal 9-13 November 2020, Kongres Advokat Indonesia (KAI) bekerja sama dengan Bidang Hukum Polda Metro Jaya dan Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul kembali menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan Ujian Kompetensi Dasar Profesi Advokat (UKDPA) Gelombang III. Berlokasi di Hotel Diradja, Mampang Prapatan, Kuningan Barat-Jakarta Selatan, PKPA dan UKDPA diadakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan—mengingat situasi pandemi yang masih melanda. “Peserta PKPA & UKDPA untuk Gelombang ke-3 kali ini sudah teregistrasi 27 peserta. Namun, sesuai arahan Wakapolda Metro untuk tetap mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19,” konfirmasi Bendahara Umum, Adv. Yaqutina Kusumawardhani melalui telepon selulernya.

Adapun kedua acara ini dibuka dengan kehadiran Wakapolda Brig. Jen. Pol. Hendro Pandowo mewakili Kapolda; Wakil Dekan FH Universitas Esa Unggul, Dr. Belinda, S.H., L.L.M.; dan Wakil Presiden Bidang PKPA-UKDPA & Pendidikan Lanjutan DPP KAI, Adv. Dr. (Can.) TM Luthfi Yazid, S.H., L.L.M. di hari pertama, Senin (9/11). Rencananya, para peserta akan mengikuti UKDPA pada Jumat (13/11).

Mewakili Presiden KAI, Adv. Dr. (Can.) TM Luthfi Yazid, S.H. L.L.M. mengatakan, meski sempat tertunda karena pemberlakuan PSBB DKI Jakarta, Luthfi mengatakan, akan ada 18 materi yang diterima oleh para peserta selama pelaksanaan PKPA. “KAI mendapat kehormatan untuk dapat bekerja sama dengan Polda Metro untuk ketiga kalinya, dalam hal ini Bidang Hukum, serta FH Universitas Esa Unggul atas kepercayaannya kepada KAI untuk melakukan sinergi program di Bidang Pemberdayaan Anggota serta Bidang Hukum dan Advokasi. Saya sampaikan agar para peserta tidak menyia-nyiakan acara tersebut, sebab para pengajarnya sangat berkualitas seperti dari MA, OJK, BKPM, advokat senior dari law firm, pimpinan KAI, dan berbagai universitas terbaik dalam maupun luar negeri,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakapolda Brig. Jen. Pol. Hendro Pandowo menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada KAI karena PKPA bersinergi dengan Program Peningkatan Kemampuan Kompetensi Anggota dalam Pengembangan Fungsi Hukum yang Promoter dalam Pendampingan Hukum untuk Menuju Penegakan Hukum yang Profesional dan Berkeadilan. Ia berharap, pembelajaran yang didapatkan dari kegiatan ini dapat segera diaplikasikan oleh para anggota yang masih dinas dalam tugas sehari-hari; serta yang akan memasuki masa purnabakti sebagai bekal kelanjutan profesi dalam mengisi masa pensiun.

Turut hadir dalam acara pembukaan PKPA dari DPP KAI, Wakil Presiden Bidang Hukum, Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat, Adv. Dr. (Can.) Umar Husein, S.H., M.H., CLA, CIL, CLI, CRA; Wakil Presiden Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Adv. KRAT. Henry Indraguna, S.H., M.H., CLA, CIL; Wakil Presiden Bidang Perempuan dan Anak, Adv. Diyah Sasanti R., S.H., M.H., MBA, M.Kn., CIL., CLA, CLI, CRA; Bendahara Umum, Adv. Yaqutina Kusumawardhani, S.H., M.H., CIL; Kabid Pendidikan Lanjutan, Adv. Poernomo A. Sulistyo, S.H., MBA, CIL; dan Ketua DPD KAI Banten, Adv. DR. Zakaria Manambe, S.H. Sedangkan perwakilan yang hadir dari Jajaran Polda Metro adalah para pejabat utama, kapolres, atau yang mewakili sejajaran Polda Metro Jaya.

Pada akhirnya, mewakili Presiden KAI, Luthfi berharap, semoga kepercayaan ini tetap berlanjut sampai program yang akan datang. “Perubahan hukum yang cepat, situasi Covid-19, serta disrupsi hukum yang terjadi harus dicermati dan diantisipasi oleh penegak hukum termasuk polisi. Termasuk juga sistem peradilan modern yang kini sudah dibangun MA. Semoga kerja sama yang sudah terjalin baik ini dapat diteruskan,” pungkasnya.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Hukumonline dengan Kongres Advokat Indonesia (KAI). Hukumonline

Leave a Reply