Sidang Terbuka DPP KAI Mengangkat 53 Advokat
Sidang Terbuka DPP KAI Mengangkat 53 Advokat

Sidang Terbuka DPP KAI Mengangkat 53 Advokat

Tanggal 27 Februari 2020 menyelenggarakan Sidang Terbuka DPP KAI dengan agenda Pengangkatan Advokat, sebanyak 53 Advokat diangkat di Ruang Semeru Hotel Sultan Jakarta.

Sidang Terbuka DPP KAI ini dipimpin langsung Presiden Kongres Advokat Indonesia Adv. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, SH., MH., (TSH) dan para Wakil Presiden selaku anggota majelis sidang masing-masing : Adv. TM. Luthfi Yazid, SH., LLM., Adv. Pheo M. Hutabarat, SH., Adv. Prof. H. Denny Indrayana, SH., LLM., P.Hd., dan Adv. Aldwin rahadian M., SH., MAP .

Dalam arahannya, TSH menyampaikan pengangkatan Advokat diatur dalam Pasal 2 ayat (2) UU No. 18 Tahun 2018 tentang Advokat. “Selanjutnya saudara-saudara akan mengucapkan sumpah dan atau janji di Pengadilan Tinggi sebagaimana ketentuan Pasal 4 Ayat (1) UU Advokat, dalam menjalankan profesi ini tidak boleh melanggar hukum, Kode Etik, Ikrar Advokat KAI dan Sumpah Advokat”. sambungnya.

Selanjutnya TSH menyampaikan panjang lebar tentang Organisasi Advokat dan sikap KAI “Baru-baru ini kita membaca berita bahwa Peradi Slipi, Peradi Suara Advokat Indonesia dan Peradi Rumah Besar Advokat telah berkumpul untuk menandatangani pernyataan bersama penyatuan Peradi. KAI menyampaikan selamat kepada rekan sejawat Peradi yang telah sukses membuat kesepakatan untuk membentuk wadah tunggga Peradi”.

“Namun perlu saya ingatkan behawa wadah tunggal Peradi bukanlah wadah tunggal Organisasi Advokat. Kami masih konsisten dengan perjuangan KAI yaitu mempertahankan sistem Multi Bar, hal ini telah sesuai dengan apa yang telah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi berdasarkan PMK No. 101 /2009 jo. PMK No. 112/2014 jo. PMK No. 036/2015 yang menyebut secara Eksplisit bahwa Organisasi Advokat yang secara de facto ada di indonesia adalah KAI dan Peradi”.

Menurut TSH, “energi kita seharusnya disatukan untuk membahas dan merumuskan perubahan UU Advokat yang konsepnya adalah : satu regulatir untuk melaksanakan beberapa kewenangan, misalnya PKPA, Ujian, Pengangkatan Advokat, Penyumpahan, Dewan Kehormatan, Kompetensi Advokat dll. Saya mengajak para sahabat untuk meninggalkan membahas wadah tungah, janganlah kita memaksakan kehendak agar semua advokat mengikuti kita. Biarkan Advokat memiliki kebebasan untuk memilih pilihan organisasinya masing-masing”.

“KAI memperhatikan betul tentang peningkatan kemampuan para anggotanya melalui pendidikan lanjutan profesi Advokat serte pendidikan kompetensi dan Bimtek penanganan- penanganan perkara tertentu”.

“Ada pendapat yang menyesatkan, yang mengatakan bahwa kualitas Advokat akan lebih baik dengan Singel Bar, saya tegaskan pendapat tersebut tidak benar, bila ada kualitas Advokat yang kurang baik, saya pastikan yang harus bertanggung jawab adalah organisasinya masing-masing”. Tutupnya.

KAI menandatangani MoU dengan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI)

Setelah Sidang Terbuka DPP KAI dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Presiden Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia (DPP KAI) Adv. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, SH., MH., dengan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Dr. Ferry Julianto tentang kerjasama dibidang pelayanan konsultasi dan bantuan hukum untuk anggota APPSI. “Ini wujud perluasan akses bantuan hukum yang di upayakan KAI, jadi anggota KAI saat ini diharapkan menyiapkan diri memberikan layanan konsultasi dan bantuan hukum untuk anggota APPSI”.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024