Dinkes DKI Siapkan Layanan Khusus Tangani Caleg Gagal yang Kena Gangguan Mental - Kongres Advokat Indonesia

Dinkes DKI Siapkan Layanan Khusus Tangani Caleg Gagal yang Kena Gangguan Mental

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan dan layanan kesehatan jiwa bagi peserta Pemilu 2024. Puluhan puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di DKI akan disiagakan bagi calon legislatif (caleg) dan peserta pemilu yang alami stres dan gangguan mental.

“Bila ada peserta pemilu, calon legislatif (caleg), atau tim sukses (timses) stres hingga gangguan jiwa atau kesehatan mental karena gagal dan perlu pendampingan psikolog, maka kami siap. Mereka tersebar di 25 puskesmas se-DKI Jakarta dan 13 RSUD,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dr Ani Ruspitawati kepada ANTARA dikutip Senin (12/2/2024).

Jika ada caleg atau timses yang mengalami gejala gangguan jiwa maka akan dilakukan skrining terlebih dahulu di puskesmas setempat. Apabila terindikasi mengidap ganguan jiwa, dapat dirujuk ke RSUD yang memiliki psikiater atau spesialis kesehatan jiwa.

dr Ani menambahkan secara umum stres dan tekanan psikologis sering terjadi pada peserta calon legislatif yang gagal. Namun hingga saat ini Dinkes DKI belum pernah mendapati data terkait caleg gagal yang membutuhkan layanan pemeriksaan kesehatan jiwa.

“Pemilu 2024 ini dengan adanya fasilitas dan layanan kesehatan jiwa yang semakin baik, kami akan mendata peserta pemilu yang gagal dan berobat ke fasilitas kesehatan kami di Provinsi DKI Jakarta,” ucap Ani. DETIK

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023