Dinkes DKI Siapkan Layanan Khusus Tangani Caleg Gagal yang Kena Gangguan Mental - Kongres Advokat Indonesia

Dinkes DKI Siapkan Layanan Khusus Tangani Caleg Gagal yang Kena Gangguan Mental

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan dan layanan kesehatan jiwa bagi peserta Pemilu 2024. Puluhan puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di DKI akan disiagakan bagi calon legislatif (caleg) dan peserta pemilu yang alami stres dan gangguan mental.

“Bila ada peserta pemilu, calon legislatif (caleg), atau tim sukses (timses) stres hingga gangguan jiwa atau kesehatan mental karena gagal dan perlu pendampingan psikolog, maka kami siap. Mereka tersebar di 25 puskesmas se-DKI Jakarta dan 13 RSUD,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dr Ani Ruspitawati kepada ANTARA dikutip Senin (12/2/2024).

Jika ada caleg atau timses yang mengalami gejala gangguan jiwa maka akan dilakukan skrining terlebih dahulu di puskesmas setempat. Apabila terindikasi mengidap ganguan jiwa, dapat dirujuk ke RSUD yang memiliki psikiater atau spesialis kesehatan jiwa.

dr Ani menambahkan secara umum stres dan tekanan psikologis sering terjadi pada peserta calon legislatif yang gagal. Namun hingga saat ini Dinkes DKI belum pernah mendapati data terkait caleg gagal yang membutuhkan layanan pemeriksaan kesehatan jiwa.

“Pemilu 2024 ini dengan adanya fasilitas dan layanan kesehatan jiwa yang semakin baik, kami akan mendata peserta pemilu yang gagal dan berobat ke fasilitas kesehatan kami di Provinsi DKI Jakarta,” ucap Ani. DETIK

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024