Aksi Walk Out Menlu Retno di DK PBB saat Dubes Israel Pidato - Kongres Advokat Indonesia

Aksi Walk Out Menlu Retno di DK PBB saat Dubes Israel Pidato

Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-bangsa (DK PBB) menggelar debat terbuka di New York, Amerika Serikat (AS). Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi walk out di tengah debat terbuka, saat Duta Besar Israel untuk AS dan PBB Gilad Erdan menyampaikan pidato.

Diketahui dalam debat terbuka ini, Retno sempat mendesak Dewan Keamanan PBB agar bertindak untuk menghentikan kekerasan di Gaza dan di Tepi Barat, Palestina. Retno mengatakan Open Debate DK PBB ini merupakan yang ketiga dalam 3 bulan terakhir, dan Indonesia terus hadir sidang debat PBB ini untuk menunjukkan komitmen dalam mendukung perjuangan Palestina.

“Di dalam pernyataan di Dewan Keamanan PBB tadi, saya ingatkan bahwa Dewan Keamanan BBB memiliki mandat untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional dan bukan untuk mentoleransi perang apalagi genosida,” ujar Retno Marsudi dalam YouTube MoFA Indonesia, Rabu (24/1/2024).

Retno mengingatkan piagam PBB yang mengatur tentang resolusi DK PBB yang patut dilaksanakan dan mengikat, namun dia mempertanyakan berapa banyak resolusi DK PBB tentang Palestina yang telah dilaksanakan. Retno mempertanyakan ke mana Palestina akan mengadu jika DK PBB yang memiliki mandat menjaga perdamaian internasional justru gagal menjalankan resolusinya.

“Sebagai catatan teman-teman pertanyaan tersebut memang sengaja saya sampaikan ke Dewan Keamanan karena saya melihat banyak resolusi yang dilanggar terkait Palestina namun tidak pernah ada sanksi kepada para pelanggar,” sambungnya.

Retno juga telah menegaskan Indonesia mendesak agar DK PBB segera menghentikan Israel yang melakukan kekerasan di Palestina.

“Sementara Israel membunuh rakyat Palestina tanpa dihukum. Sekali lagi saya mendesak anggota Dewan Keamanan untuk segera menghentikan ketakutan yang setiap hari dihadapi oleh warga Palestina di Gaza dan juga di Tepi Barat,” kata Retno.

Retno Walk Out

Retno walk out saat Duta Besar Gilad Erdan berpidato. Sejumlah diplomat lainnya juga disebut melakukan walk out saat perwakilan Israel itu berpidato di DK PBB.

Simak penjelasan Kemenlu soal aksi walk out Retno di halaman berikutnya.

Berdasarkan video yang beredar, Menlu Retno dan sejumlah diplomat melakukan walkout atau keluar dari ruangan pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Selasa (23/1). Saat dimintai konfirmasi, juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal membenarkan walk out yang dilakukan Menlu Retno saat perwakilan Israel berbicara di forum tersebut.

“Menlu Retno dan ketua delegasi sejumlah negara lainnya keluar dari ruangan saat watap Israel menyampaikan statement-nya,” kata Lalu, Kamis (25/1).

Retno Desak Gencatan Senjata Permanen

Retno mendesak agar DK PBB segera bertindak karena semakin meningkatnya korban tewas maupun yang kelaparan di Palestina. Selain itu, ia mendorong semua pihak untuk menghormati hukum internasional, termasuk di Gaza.

“Saya juga bertanya di depan Dewan Keamanan PBB apakah lebih dari 25 ribu nyawa yang telah melayang ditambah dengan semakin banyaknya yang sekarat karena kelaparan dan kedinginan, termasuk bayi dan anak-anak masih terlalu sedikit untuk kita segera bertindak? Saya tekankan semua dari kita memiliki tanggung jawab untuk menghormati hukum humaniter internasional tanpa kecuali, termasuk situasi di Gaza,” Retno, kala masih mengikuti sidang PBB tersebut.

Retno juga menyoroti aksi militer yang meluas di luar Gaza dan ancaman perang di kawasan Timur Tengah. Oleh karenanya, Menlu mendesak adanya gencatan senjata permanen antara Israel dan Palestina.

“Pentingnya terciptanya gencatan senjata segera dan permanen. Ini akan menjadi game changer untuk segala hal,” kata Retno.

Menurutnya gencatan senjata permanen akan membuat proses solusi dua negara berjalan dan dapat mengatasi situasi kemanusiaan di Gaza.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Retno Bersuara Keras soal Pernyataan PM Israel

Retno sebelumnya juga bersuara keras menanggapi pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menentang pembentukan negara Palestina. Ia mengingatkan pentingnya untuk terus mendukung upaya senior humanitarian and reconstruction coordinator membuka jalan bagi pengiriman bantuan kemanusiaan di Gaza.

“Pernyataan ini sangat berbahaya dan tidak dapat diterima karena mengkonfirmasi tujuan Israel sesungguhnya yaitu menghilangkan Palestina dari peta dunia. Apakah Dewan Keamanan PBB akan terus tinggal diam menghadapi maksud Israel tersebut?” kata Retno dalam YouTube MoFA Indonesia, Rabu (24/1/2024).

“Saya tekankan pentingnya tiga hal, pertama, pentingnya terciptanya gencatan senjata segera dan permanen, ini akan menjadi game changer untuk segala hal,” kata Retno.

Retno mendesak agar Palestina diterima sebagai anggota penuh PBB. Kemudian mewakili Pemerintah Indonesia, dia juga meminta agar pasokan senjata ke Israel dihentikan.

“Ketiga, menghentikan pasokan senjata ke Israel, setiap senjata yang dikirim ke Israel dapat digunakan untuk membunuh rakyat sipil yang tidak bersalah,” katanya.

Pada debat terbuka di DK PBB itu, Retno juga menyebutkan Israel harus bertanggung jawab terhadap kekerasan di Gaza. Menurutnya, tidak ada negara yang kebal hukum.

Selain itu, Retno mengatakan, bulan depan Indonesia akan memberikan pernyataan di Mahkamah Internasional. Retno menegaskan Indonesia akan mengambil semua langkah yang memungkinkan untuk terus mendukung Palestina.

“Dan bulan depan Indonesia akan menyampaikan pernyataan lisan untuk memberikan advisory opinion kepada Mahkamah Internasional atas pertanyaan yang diajukan oleh sidang Majelis Umum PBB,” katanya. DETIK

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024