Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juni 2023 - Kongres Advokat Indonesia

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juni 2023

Unit Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tiba di Pelabuhan Tanjung Priok dan diangkut ke Tegalluar, Bandung Barat, mulai Senin 5 September. Jika tidak ada halangan, Kereta Cepat Jakarta Bandung mulai beroperasi pada Juni 2023.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo. Pria yang akrab disapa Tiko ini mengatakan, kereta ini ditargetkan beroperasi pada Juni 2023.

“Juni 2023,” ujar Tiko dalam agenda menyambut tibanya KCJB di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (2/9/2022).

Perlu diketahui, setelah kedatangan perdana pada 2 September ini, rangkaian kereta cepat lainnya akan tiba pada 25 Desember 2022, 25 Februari 2023 dan 15 Maret 2023 di Indonesia. Nantinya, kereta ini akan dirangkai ulang atau dire-assembly menjadi suatu kesatuan di Tegalluar.

Tidak hanya itu, tibanya rangkaian unit kereta cepat juga menjadi bagian dari persiapan G20 pada November mendatang. Sebagai bagian dari showcase dalam perhelatan tersebut, kereta ini akan diujikan dalam dynamic test. Untuk waktu pelaksanaan, Tiko belum bisa memastikan.

“Trialnya itu tadi November 2022. Pokoknya di sela-sela acara itu (G20),” terang Tiko.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping direncanakan turut hadir. Mengenai hal tersebut, Tiko mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan mengenai hal tersebut.

“InsyaAllah sesuai schedulenya begitu. Kita lihat saja nanti bagaimana di G20,” ungkap pria yang akrab disapa Tiko ini, dalam acara tersebut.

Ia menjelaskan, apabila rencananya lancar, kedua presiden itu akan turut hadir dan menjajal kereta cepat pertama di Indonesia itu. DETIK

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presidium DPP KAI Kukuhkan 15 AdvoKAI & Resmikan LBH Advokai Lampung
July 20, 2024
Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024