Persiapan Mudik, Ini Tarif Tol Jakarta-Bandung, Jarak Tempuh Hanya Satu Jam - Kongres Advokat Indonesia

Persiapan Mudik, Ini Tarif Tol Jakarta-Bandung, Jarak Tempuh Hanya Satu Jam

Pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan yang terbagi dalam 3 paket tengah dikebut. Rencananya jalur ini bisa dimanfaatkan sebagai alternatif saat mudik Lebaran nanti jika terjadi kemacetan di jalur arteri.

“Persiapan saat Lebaran nanti sudah boleh melintas, rencana untuk fungsional alternatif ketika terjadi di jalan tol dan arteri Cipularang dan Cikampek. Kalau di sana macet ini jadi alternatif keluar di tol untuk menuju ke arah Karawang Timur,” kata Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan Bambang Sulistyo kepada CNBC Indonesia, Kamis (31/3/2022).

Lalu, berapa sih tarif melintasi tol yang membelah jalur eksisting Japek dan MBZ di sisi utara ini?

Menurut Bambang, pengoperasian Japek 2 Selatan saat libur Lebaran nanti sifatnya nanti adalah sebagai jalur alternatif. Meski demikian, pihaknya tetap menyiapkan infrastruktur jalan baik rambu-rambu dan gerbang tol. Dan, karena masih fungsional masih bebas biaya alias gratis.

“Bebas biaya. Tapi, nanti ada gerbang tol untuk menangkap kendaraan dari arah Bandung mau keluar, harus bayar dulu. Tapi jalur ini tidak bayar,” kata Bambang.

Dengan jalur baru ini, dia menambahkan, jarak tempuh Jakarta-Bandung bisa lebih cepat lagi.

“Ini menjadi pertemuan Jakarta dan Cipularang. Rencana kecepatan maksimum di sini 80 km per jam dan ini jaraknya 62 km. Jadi, sekitar 45 menit nyampe Jakarta-Bandung. Lebih cepat,” ujarnya.

Jalur tersebut, pada prinsipnya, akan diizinkan untuk kendaraan besar dan kecil.

Bambang menjelaskan, paket 1 tol Japek II Selatan akan dimulai dari Jatiasih-Setu, lalu paket 2 dari Setu ke Tamanmekar, dan paket 3 Tamanmekar ke Sadang sepanjang 27,85 km. Namun karena perubahan titik interchange (simpang susun), panjang ruas paket 3 diprediksi jadi sekitar 30 km.

Dia menambahkan, ruas paket 3 akan jadi yang pertama dikerjakan, sedangkan paket 1 dan 2 dalam persiapan teknis.

“Paket 3 ini adalah yang pelaksanaan pembebasan lahan lebih mudah. Paket 1 masih 3% dan paket 2B 61,14% dan 2A 18,45%. Jika sudah bebas 70% kita mulai lakukan pengerjaan. Untuk paket 3 sudah clear 100%,” kata Bambang.

Adapun, pembebasan lahan untuk paket 3 sudah mencapai 97,66%. “Paket 3 dijadwalkan selesai akhir 2022. Sedangkan 2A dan 2B mulai konstruksi di awal 2023,” ujar Bambang. CNBC

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024