5 Pengacara Terkaya Sepanjang Masa, Ada yang Mau Menandingi? - Kongres Advokat Indonesia

5 Pengacara Terkaya Sepanjang Masa, Ada yang Mau Menandingi?

Seorang pengacara memang identik dengan ruang pengadilan. Namun, sebagian besar waktunya justru bukanlah dihabiskan di ruangan tersebut, melainkan dihabiskan untuk melakukan riset dan berbagai pekerjaan pendukungnya. Maka tak heran jika biaya jasanya pun begitu mahal.

Dilansir dari berbagai sumber, AKURAT.CO mengumpulkan deretan pengacara terkaya di dunia.

  1. Wichai Thongtang

Wichai Thongtang merupakan pengacara terkaya dunia yang berasal dari Thailand. Salah satu kasus yang melejitkan namanya adalah ketika berhasil mewakili mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra tahun 2001 silam. Dengan biro hukumnya yang telah go international, kini Wichai diketahui memiliki kekayaan mencapai USD 1,8 miliar atau sekitar Rp26,9 triliun.

  1. Richard Scruggs

Richard Scruggs merupakan pengacara korporat yang begitu masyhur dalam memenangkan sejumlah kasus yang diwakilinya. Beberapa di antaranya adalah kasus Ritalin tahun 2000 hingga Lehman Brothers tahun 2003. Meski sempat dipenjara selama 6 tahun, Richard kini diketahui masih memiliki kekayaan hingga USD 1,7 miliar atau sekitar Rp25,4 triliun.

  1. Joe Jamail

Meskipun telah meninggal pada tahun 2015 lalu, Joe Jamail hingga kini masih menjadi salah satu pengacara paling sukses. Pasalnya, pengacara yang dijuluki sebagai ‘King of Torts’ tersebut berhasil memenangkan sejumlah kasus korporasi seperti Pennzoil tahun 1985. Tak heran jika kekayaannya kini masih berada di angka USD 1,7 miliar atau sekitar Rp25,4 triliun.

  1. Charlie Munger

Charlie Munger memang lebih dikenal sebagai rekan kerja dari Warren Buffett di Berkshire Hathaway. Namun sebelumnya, ia juga merupakan salah satu pendiri dari biro hukum Munger, Tolles & Olson LLP tahun 1962 silam. Saat ini kekayaannya mencapai USD 1,6 miliar atau sekitar Rp23,9 triliun.

  1. William Lerach

Salah satu pengacara profesional di Amerika Serikat (AS) yang diketahui sangat ganas adalah William Lerach. Dikenal sebagai ‘King of Pain’, pengacara yang memiliki spesialisasi di kasus keamanan pribadi ini bahkan pernah menuntut mantan Presiden AS, Dick Cheney. Meskipun kini statusnya sebagai pengacara dicabut karena terlibat kasus suap pada tahun 2009 silam, William Lerach diketahui masih memiliki kekayaan hingga USD 900 juta atau sekitar Rp13,4 triliun. AKURAT

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
PJ Sekda Sidenreng Rappang Jajaki Kerjasama Bidang Hukum dengan Kongres Advokat Indonesia
April 25, 2024
Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024