7 Manfaat Olahraga 15 Menit, Termasuk Menurunkan Berat Badan - Kongres Advokat Indonesia

7 Manfaat Olahraga 15 Menit, Termasuk Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang menunda olahraga karena merasa belum memiliki waktu luang. Padahal, Anda sebenarnya cukup meluangkan waktu 15 menit untuk berolahraga demi bisa memetik manfaat bagi kesehatan. Olahraga 15 menit punya beragam manfaat bagi kesehatan. Manfaat olahraga 15 menit yaitu menurunkan berat badan hingga memperpanjang usia. Untuk lebih jelasnya, simak paparan mengenai manfaat olahraga 15 menit berikut.

Manfaat olahraga 15 menit untuk kesehatan

Disarikan dari Women’s Health dan LiveStrong, berikut manfaat olahraga 15 menit bagi kesehatan:

Menghemat waktu

Beberapa jenis olahraga, seperti latihan kardio, olahraga permainan, dan olahraga atletik memerlukan waktu yang tidak singkat. Hal ini membuat seseorang perlu meluangkan waktunya khusus untuk berolahraga. Sementara itu, olahraga 15 menit dapat menghemat waktu dan bisa dilakukan di sela-sela aktivitas harian.

Menurunkan berat badan

Olahraga 15 menit setiap hari bisa menurunkan berat badan secara efektif. Contoh olahraga 15 menit untuk menurunkan berat badan, misalnya High Intensity Interval Training (HIIT), latihan kekuatan, dan jalan cepat.

Membakar lebih banyak kalori

Olahraga 15 menit seperti latihan HIIT juga punya manfaat besar dalam membakar kalori. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, latihan HIIT terbukti dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan kardio.

Memperpanjang usia

Manfaat olahraga 15 menit selanjutnya yaitu memperpanjang usia. Sederet studi menunjukkan, orang yang rutin melakukan olahraga intensitas rendah, seperti jalan cepat selama 15 menit bisa berumur panjang dibandingkan yang tidak berolahraga sama sekali.

Membangun otot tanpa lemak

Olahraga 15 menit sering kali dilakukan dengan menggabungkan kardio dengan latihan kekuatan yang berperan dalam membangun atau membentuk otot tanpa lemak.

Mencegah penuaan

Olahraga 15 menit juga bermanfaat dalam mencegah penuaan atau membuat seseorang terlihat awet muda. Seiring bertambahnya usia seseorang, kerja mitokondria atau organel sel penghasil energi akan menurun. Namun dengan aktivitas fisik yang rutin, seperti olahraga 15 menit, seseorang dapat terlihat lebih bugar, fresh, dan awet muda.

Menunjang kerja otak

Kebanyakan orang mungkin tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan. Namun, beberapa orang mungkin tidak menyadari seberapa baik olahraga dalam menunjang kinerja otak. Faktanya, olahraga singkat selama 10-15 menit saja dapat meningkatkan kekuatan otak atau kinerja kognitif. Meski demikian, olahraga 15 menit juga perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti tidur cukup, konsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta mengelola stres. DETIK

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023