10 Camilan untuk Pengidap Diabetes, Tetap Nikmat Rendah Gula - Kongres Advokat Indonesia

10 Camilan untuk Pengidap Diabetes, Tetap Nikmat Rendah Gula

Bagi Anda pengidap diabetes tentu harus menjaga pola makan. Tidak selalu makan makanan yang hambar. Ada beraneka camilan untuk pengidap diabetes yang tetap lezat disantap sambil bersantai.

Camilan ini dibuat dari bahan yang rendah gula dan lemak. Sebab asupan gula yang tinggi akan memperparah penyakit Anda.

Sementara lemak berisiko mengganggu metabolisme yang membuat sel-sel dalam tubuh tidak dapat merespons insulin dengan baik.

Camilan untuk Pengidap Diabetes

Berikut ini 10 camilan lezat untuk pengidap diabetes yang dikutip dari situs Healthline dan Everyday Health:

  1. Alpukat dan Jeruk Nipis

Alpukat adalah buah bermanfaat super yang kaya lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung. Artinya, mengkonsumsi alpukat cocok untuk diet sempurna Anda.

Selain itu, alpukat juga rendah gula sehingga cocok menjadi camilan untuk pengidap diabetes. Tambahkan sedikit jeruk nipis untuk memberikan rasa segar.

  1. Popcorn

Popcorn terbuat dari biji jagung yang menyehatkan. Anda bisa membuat popcorn sendiri menggunakan microwave. Tetap gunakan campuran bahan yang sehat agar tetap menjadi camilan rendah kalori.

  1. Edamame

Edamame atau kedelai hijau adalah camilan yang bergizi, kaya protein, dan mengandung isoflavon yang menurunkan kadar gula darah.

Masaklah edamame dengan cara direbus. Boleh tambahkan sedikit bumbu pilihan. Tanpa bumbu pun, edamame tetap nikmat dimakan.

  1. Telur Rebus

Telur rebus adalah makanan yang mudah dibuat, namun mengandung banyak protein. Selain itu, telur rebus tanpa bumbu manis dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Anda bisa makan telur rebus sebanyak dua kali dalam sehari.

  1. Yoghurt dan Buah Beri

Yoghurt tanpa lemak dan gula bisa menjadi pilihan camilan untuk pengidap diabetes. Yoghurt merupakan sumber protein yang kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan sel pankreas.

Anda bisa mencampurkan buah beri untuk memberi rasa pada yoghurt. Buah beri seperti stroberi dan blackberry adalah buah yang kaya serat dan mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh.

  1. Almond

Kacang-kacangan memang cocok digunakan untuk camilan. Bagi pengidap diabetes, Anda lebih baik mengkonsumsi kacang almond yang membantu mengontrol gula darah pada pengidap diabetes.

Almond juga baik bagi kesehatan jantung, karena mengurangi kadar kolesterol. Namun karena kalorinya yang cukup tinggi, tetaplah membatasi porsi Anda.

  1. Keripik Kentang Rendah Lemak

Keripik kentang juga menjadi camilan yang menggiurkan. Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara dipanggang dan tanpa bumbu. Selingi dengan sayuran seperti tomat atau paprika untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

  1. Oatmeal dan Buah Beri

Oatmeal tawar dari gandum utuh sangat baik untuk kesehatan, terutama menurunkan risiko diabetes tipe 2. Campurkan buah beri yang kaya serat untuk memberikan rasa nikmat.

  1. Cokelat Hitam Panas

Minuman cokelat selalu terkesan manis dan sering dihindari oleh pengidap diabetes. Namun Anda bisa menikmati cokelat hangat bebas lemak tanpa gula yang dibuat dari cokelat hitam. Anda juga bisa mencampurkan susu bebas lemak agar lebih nikmat.

  1. Jus Buah Beku Bebas Gula

Anda juga bisa menikmati jus buah beku untuk mendapatkan kesegaran di siang hari. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Pilih buah tinggi serat dan rendah kalori untuk dijus tanpa gula. Taruh di cetakan, lalu bekukan.

Itulah tadi 10 camilan untuk pengidap diabetes yang bisa menjadi pilihan untuk menu diet yang sehat dan tetap lezat. Masukkan menu di atas untuk camilan sehari-hari tanpa takut kadar gula yang naik. DETIK

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024