3 Haji Paling Kaya di Kalimantan Selatan, Punya Rumah Mewah & Perusahaan Tambang - Kongres Advokat Indonesia

3 Haji Paling Kaya di Kalimantan Selatan, Punya Rumah Mewah & Perusahaan Tambang

Kalimantan dikenal sebagai surga penambangan batu bara hingga kayu. Setidaknya ada tiga orang paling kaya di Kalimantan hingga mereka dijuluki crazy rich Kalimantan.

Komoditas batu bara, kayu, hingga kelapa sawit menjadi sumber pendapatan paling menguntungkan bagi segelintir masyarakat Indonesia. Dan Kalimantan bak pulau harta karun karena kekayaan alamnya yang melimpah.

Begitu besarnya kekayaan alam yang dimiliki di Kalimantan, setidaknya ada tiga ‘raja lokal’ yang mendapatkan julukan crazy rich Kalimantan Selatan.

  1. Zaini Mahdi alias Haji Ijai

Dia merupakan pemilik PT Batu Gunung Mulia yang bergerak di bidang penambangan batu bara. Per tahun, perusahaan tersebut bisa menghasilkan 2 ton batubara.

Dia juga mendirikan perusahaan bersama sang adik Muhammad Hatta alias Haji Ciut, dengan diberi nama PT Binuang Mitra Bersama. Perusahaan ini terdaftar di Kementerian ESDM pada tahun 2013 dan memiliki area tambang seluas 300 hektar dengan jumlah karyawan 1000 orang.

  1. Muhammad Hatta alias Haji Ciut

Haji Ciut disebut sebagai orang yang kekayaannya selevel dengan Haji Isam, konglomerat tambang batu bara asal Kalimantan Selatan.

Melansir dari berbagai sumber, di Kalimantan Selatan terdapat blok yang dikuasai oleh generasi “haji”. Wilayah Tanah Bumbu, dikuasai oleh Haji Isam. Sementara Banua Anam, dikuasai oleh kakak beradik Muhammad Zaini Mahdi alias Haji Ijai, dan Muhammad Hatta alias Haji Ciut.

Kekuasaan Banua Anam mencakup wilayah Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan, dan Kabupaten Tabalong.

Haji Ciut bahkan mendapatkan julukan crazy rich, Kalimantan Selatan. Dia menggerakan bisnis batu baranya di bawah bendera PT Gunung Mulia Binuang. Dia juga memiliki perusahaan bidang otomotif di bawah PT Harapan Binuang Motor.

Tahun 2016, nama Haji Ciut pernah menjadi sorotan publik usai memanggil artis-artis ibu kota Jakarta sebagai pengisi acara di pesta pernikahan sang anak yang dirayakan 10 hari.

Artis yang turut diundang sebagai pengisi acara yaitu Rhoma Irama, Ayu Ting Ting, Afgan, Zaskia Gothic, Wali, Team Lo, dan masih banyak lagi.

  1. Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam

Haji Isam tercatat sebagai pemilik PT Jhonlin Agro Raya Tbk. Perusahaan ini bergerak di usaha perkebunan dan pengolahan minyak kelapa sawit.

Haji Isam merupakan pengusaha batu bara dan kelapa sawit dari Batulicin. Dia mempunyai perusahaan raksasa bernama Johnlin Group yang memiliki anak perusahaan seperti Johnlin Baratama Johnlin Marine Shipping, Johnlin Air Transport, PT Ehsan Agro Sentosa Group.

Haji Isam bukan sosok yang asing di kalangan masyarakat Batulicin, Kalimantan Selatan. Dia diketahui memiliki kediaman mewah yang dibangun di atas lahan 10-20 hektar. MERDEKA

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023