3 Fitur WhatsApp untuk Menjaga Privacy - Kongres Advokat Indonesia

3 Fitur WhatsApp untuk Menjaga Privacy

WhatsApp memiliki beberapa fitur khusus yang bisa digunakan pengguna ketika sibuk atau tidak ingin diganggu. Salah satunya menggunakan mode siluman.

Mode siluman ini adalah ketika pengguna WhatsApp terlihat offline padahal sedang online.

Seperti yang dikutip dari laman AppTuts, Minggu (31/7/2022), berikut selengkapnya:

  1. Ubah opsi ‘Last Seen’

Last Seen adalah salah satu fitur yang memberi tahu semua kontak kapan terakhir kali kamu menggunakan WhatsApp atau bahkan jika sedang online.

Jika ingin tampil offline di WhatsApp, Last Seen adalah opsi paling penting untuk dimatikan.

Untuk mematikannya, cukup sentuh ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas, pilih setting atau setelan lalu pilih akun dan tap privasi.

Di bagian “Who can see my personal info”, sentuh Last Seen dan terakhir, pilih Nobody (Tidak ada) untuk mengaplikasikannya ke semua orang, baik yang kontak yang sudah kita simpan atau nomor tidak dikenal.

  1. Matikan centang biru

Centang biru menjadi tanda bahwa kamu sudah membawa pesan WhatsApp dari seseorang. Jika tak ingin diketahui, kamu bisa mematikannya. Berikut caranya:

  • Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas WhatsApp
  • Pilih Setting
  • Pilih Akun, lalu klik Privasi
  • Geser toggle opsi pada pilihan Laporan Dibaca atau Read Receipts
  • Centang biru pun langsung dinonaktifkan.
  1. Sembunyikan Status

Terakhir, hal yang dapat kamu lakukan untuk mencoba tampil offline di WhatsApp dengan sembunyikan Status.

Status ini juga bisa diatur siapa saja yang bisa melihatnya. Klik titik tiga di bagian kanan atas, klik tab “Privasi”, dan cari opsi “Status”.

Selanjutnya, kamu akan melihat jendela di mana dapat memilih kepada siapa status dibagikan. “Kontak saya” akan menunjukkannya kepada semua orang, “Kontak saya kecuali …” akan menampilkannya ke semua kontak kecuali yang dipilih, dan “Hanya bagikan dengan” akan memungkinkan pengguna memilih orang yang ingin melihat status yang dibuat.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.