Komisi II DPR Pastikan Kabar Kedekatan Andi Narogong dan Setnov

Komisi II DPR Pastikan Kabar Kedekatan Andi Narogong dan Setnov

Kai.or.id – Mantan wakil ketua Komisi II DPR dari Fraksi PDIP yang kini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan, kabar kedekatan terdakwa Andi Narogong dengan Setya Novanto (Setnov) sudah beredar lama di kalangan Komisi II periode 2009-2014.

Hal tersebut disebut Ganjar Pranowo saat dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jumat (13/10/2017).

“Kalau di Komisi (II DPR) perdebatan hampir semuanya sama. Ada yang keras sekali, datar, nyecar pemerintah,” kata Ganjar di hadapan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Anggota majelis hakim Franki Tambuwun lantas mencecar Ganjar tentang Andi Narogong, terutama yang tercantum dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Ganjar sebagai saksi saat diperiksa KPK.

Dalam BAP Ganjar, tertuang bahwa Ganjar menyebutkan Narogong sebagai orang dekat Setya Novanto.

“Andi (Andi Narogong) teman dekat SN (Setya Novanto)? Kemudian pembicaraan di sesama Komisi II Andi ini orang dekatnya Setya Novanto. Bahkan saudara mengatakan temannya Setya Novanto bukan rahasia umum lagi?” tanya hakim Franki.

Ganjar tidak bisa berkelit tentang isi BAP tersebut. Dia membenarkannya. “Itu (kabar Andi Narogong teman dekat Setya Novanto) yang beredar seperti itu,” ucapnya.

Saat proyek e-KTP dibahas di DPR dan pengadaan berjalan di Kemendari, selaku Ketua Fraksi Partai Golkar saat itu dan Bendahara Umum DPP Partai Golkar saat itu. Kini Setya Novanto menduduki jabatan Ketua DPR sekaligus Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Presiden KAI: Mempertanyakan BAS Lawan di Pengadilan itu Tidak Sopan!
March 21, 2024
Gerak Cepat Pembentukan Dewan Kehormatan Pusat Organisasi Advokat
March 13, 2024
Solid! Presiden Kongres Advokat Indonesia Sambut Hangat Pimpinan-Pimpinan Nasional Organisasi Advokat di Menara Sampoerna
March 6, 2024
KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024