Polri Merancang Pembentukan Densus Tipikor di Daerah-Daerah

Polri Merancang Pembentukan Densus Tipikor di Daerah-Daerah

Kai.or.id – Polri merancang pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) yang nantinya bukan hanya ada di tingkat pusat. Tetapi, akan tersebar di daerah-daerah. Kendati demikian, garis komando Densus Tipikor itu tidak berada di bawah polda setempat.

Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto menjelaskan, pada Densus Tipikor pusat, akan dipimpin oleh Kepala Densus (Kadensus) berpangkat Inspektur Jenderal Polisi. Kemudian, akan ada Satgas Tipikor di daerah. Namun, satgas tersebut tidak berada di bawah kendali polda.

“Itu nanti satgas ya bentuknya di bawah kendali pusat semua (Kadensus) langsung di bawah Kapolri,” jelas Tito dilansir dari Republika di Mabes Polri

Setyo menambahkan, Satuan tugas berada di bawah Kadensus dan berkoordinasi langsung. Sedangkan, Kadensus berkoordinasi langsung di bawah Kapolri.

“Seperti Densus 88 di daerah itu mereka bukan di bawah Kapolda,” kata dia.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan Densus Tipikor itu berkoordinasi dengan polda setempat. Namun, hal itu hanya sebatas koordinasi dan komunikasi.

“Tapi kalau masalah penindakan, tanggung jawabnya langsung ke densus di pusat,” pungkas dia.

Sebelumnya, Polri merencanakan anggaran sebesar total 2,6 triliun terkait rencana pembentukan Densus Tipikor. Anggaran tersebut akan digunakan untuk belanja pegawai sebesar Rp 786 miliar dan operasional sebesar Rp 359 miliar.

Sedangkan, untuk belanja modal sebesar Rp 1,55 triliun. Adapun, jumlah personel yang disiapkan sebanyak 3.650 personel.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024