Generasi Muda Rentan Menjadi Penyalahgunaan Narkoba

Generasi Muda Rentan Menjadi Penyalahgunaan Narkoba

Kai.or.id – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso menyebutkan generasi muda adalah korban penyalahgunaan tertinggi di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan dalam Rapat Kerja Pengembangan Kapasitas Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan PEredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kekhawatiran Kepala BNN akan generasi muda ini memang sangat beralasan, karena jika tidak ada upaya serius penanggulangan narkoba sejak dini, maka anak-anak bangsa yang akan memimpin roda kepemimpinan di masa depan berpotensi untuk terkontaminasi narkoba.

“Sejumlah daerah sudah memiliki komitmen yang nyata dengan menetapkan kurikulum anti-narkoba di sekolah,” ujar Buwas, Kamis (14/9).

Penetapan kurikulum itu sudah dilakukan di wilayah Sumatra Utara, Kalimantan Timur dan Maluku Utara. Hal ini bisa terealisir karena memang ada dukungan dari DPRD, ditandai dengan munculnya Perda ataupun Pergub untuk menguatkan langkah tersebut.

Dalam Rapat P4GN Jakarta pada (13/9), Buwas mengatakan penerapan kurikulum anti narkoba yang terintegrasi dari mulai tingkat TK hingga SMA atau sederajatnya adalah sangat penting. Sehingga sangat disanyangkan penerapan kurikulum ini belum bisa dilaksanakan secara nasional.

Mutlak upaya penyelamatan generasi muda dengan presentasi tinggi, harus dilakukan dengan sangat serius. Menurut Kepala BNN, narkoba merupakan salah satu penghancuran generasi bangsa.

Salah satu strategi yang bisa diterapkan di lingkungan pendidikan adalah dengan upaya deteksi dini penyalahgunaan narkoba melalui tes urin. Namun ada juga hal penting yang tidak boleh dikesampingkan yaitu tentang pentingnya menanamkan nilai-nilai luhur budaya bangsa pada generasi muda sehingga mereka memiliki karakter yang kuat.

1 Response

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024