MK Menolak Permohonan Putusan Sela Uji Materi Hak Angket KPK

MK Menolak Permohonan Putusan Sela Uji Materi Hak Angket KPK

Kai.or.id – Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan menolak mengeluarkan putusan sela terkait permohonan uji materi yang diajukan Masyarakat Sipil Selamatkan KPK.

Putusan tersebut dilakukan dengan proses voting. “Permohonan putusan provisi (sela) dinyatakan ditolak,” ujar Wakil Ketua MK Anwar Usman dalam sidang lanjutan atas gugatan uji materi soal hak angket yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3), di GEdung MK, Rabu (13/9).

Anwar menjelaskan, putusan ini diambil setelah majelis hakim melakukan rapat permusyawaratan hakim (RPH) pada September. Dalam RPH yang dihadiri delapan orang hakim itu, kesepakatan tidak tercapai.

Setelahnya, majelis hakim melakukan pemungutan suara. Sebanyak empat hakim yakni Arief Hidayat, Anwar Usman, Aswanto dan Wahiduddin Adams menyatakan menolak permohonan.

Sementara itu, empat hakim lainnya yakni I Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, Manahan MP Sitompul dan Maria Farida Indrati mengabulkan permohonan.

“Berhubung suara ketua MK Arief Hidayat, sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang MK termasuk ke dalam empat hakim konstitusi yang berpendapat menolak permohonan putusan provisi, maka permohonan putusan provisi dinyatakan ditolak,” jelas Anwar

Adapun pada Pasal 45 ayat 7 UU MK Nomor 8 Tahun 2011 menyebutkan jika tidak ada kata sepakat maka pengambilan keputusan ditentukan oleh Ketua MK.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024