KPK Tidak Perlu Dibubarkan, Namun Perlu Diperbaiki

KPK Tidak Perlu Dibubarkan, Namun Perlu Diperbaiki

Kai.or.id – Sekretaris Fraksi Partai Nasdem Syarif Abdullah Alkadrie menyatakan fraksinya menolak wacana pembekuan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

Hal tersebut disampaikan melihat adanya pernyataan anggot Panitia Khusus Angket DPR terhadap KPK dari fraksi PDI Perjuangan, Henry Yosodiningrat yang meminta KPK dibekukan.

“Fraksi Nasdem tidak setuju dengan pembekuan KPK. Nasdem sama sekali tidak pernah terpikir kea rah tersebut. isu pembekuan KPK harus ditolak,” ujar Syarif, Minggu (10/9).

Syarief menegaskan, sejak awal keberadaan fraksinya di Pansus Angket KPK dan mendukung hak angket agar DPR menggunakan fungsinya yang memiliki hak pengawasan terhadap KPK. Tujuannya untuk memperbaiki KPK dan memperkuat KPK.

“Saya kira fraksi lain juga sama, tidak ada terbesit pembekuan KPK. Tetapi KPK memang perlu ditata supaya lembaga negara tidak ada yang merasa superpower,” katanya.

Syarif menambahkan, guna mendukung upaya untuk memperbaiki manajemen KPK dan memperkuat KPK, fraksinya menilai perlu revisi terhadap Undang-undang Nomor 30/2002 tentang KPK.

Hal ini untuk menyempurnakan beberapa kelemahan yang ada di UU tersebut, salah satunya diatur terhadap kewenangan SP3 berlandaskan asas praduga tidak bersalah.

“Sisi lain, Nasdem memandang KPK perlu diberikan kewenangan menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3). Saya kira perbaikan manajemen dan pemberian kewenangan SP3 itu bagian dari penguatan terhadap KPK,” jelasnya.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

KAI Makin Mengukuhkan Diri Sebagai Organisasi Advokat Modern Berbasis Digital & Artificial Intelligence
January 30, 2024
tjoetjoe-sandjaja-hernanto-pengangkatan-dki-jakarta
Presiden KAI: Pilpres Sebentar Lagi, Ini Pilihan Saya!
January 30, 2024
Amanat Undang-undang, 39 Advokat Diangkat Dalam Sidang DPP Kongres Advokat Indonesia
January 29, 2024
Presiden KAI: Menunjukkan BAS Tiap Sidang Tidak Selaras Dengan Digitalisasi di Mahkamah Agung
December 18, 2023
Presiden KAI Dr. Tjoetjoe Tegaskan Advokat JM Diduga Pelaku Asusila Tak Terdaftar Anggota Kongres Advokat Indonesia
December 13, 2023