KAI: KPK Masih Dibutuhkan
KAI: KPK Masih Dibutuhkan

KAI: KPK Masih Dibutuhkan

Inilah.com – Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI), Tjoetjoe Sandjaja Hernanto mengatakan, keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih dibutuhkan. Meskipun banyak pro kontra tentang keberadaan KPK saat ini setelah kinerjanya diselidiki Pansus, namun KPK dinilai masih diperlukan.

“Untuk saat ini kita masih sangat membutuhkan KPK,” kata Tjoetjoe Sandjaja kepada INILAHCOM, Sabtu (9/9/2017).

Terkait adanya Pansus Angket KPK, Tjoetjoe menilai apa yang dilakukan DPR merupakan hal yang wajar dalam berdemokrasi untuk mengawasi lembaga lain. Dia pun tidak menampik bahwa diperlukan pengawasan terhadap KPK.

“Sebenarnya apa yang dilakukan DPR menurut saya benar, yaitu mengkritisi penyelenggaraan KPK, namun timingnya tidak tepat,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pansus Angket KPK tengah menyelidiki dugaan penyimpangan yang dilakukan KPK dibalik kewenangannya yang luas. KPK mempunyai kewenangan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan yang ditengarai dapat disalahgunakan untuk kepentingan tertentu. Dalam berbagai kesempatan pun terungkap ada beberapa kejanggalan di internal KPK yang disampaikan langsung oleh Direktur Penyidikan KPK Brigjen Aris Budiman. Selain itu tudingan ke Pansus Angket untuk melemahkan kewenangan KPK juga tidak bisa dihindari.

Silahkan tinggalkan komentar tapi jangan gunakan kata-kata kasar. Kita bebas berpendapat dan tetap gunakan etika sopan santun.

TERPOPULER

TERFAVORIT

Rapat Perdana Presidium DPP KAI, Kepemimpinan Bersama Itu pun Dimulai
July 3, 2024
Tingkatkan Kapasitas Anggota tentang UU TPKS, KAI Utus 20 AdvoKAI untuk Ikut Pelatihan IJRS
June 26, 2024
The Chef is TSH
June 10, 2024
Dihadiri Ribuan Advokat, Kongres IV KAI di Solo Trending Topic di Platform X
June 9, 2024
Pernah Ditempati Adnan Buyung Nasution, Honorary Chairman Kongres Advokat Indonesia Kini Diisi Tjoetjoe S Hernanto
June 8, 2024